Jawa Pos

Dinas PMK Berburu Personel Serbabisa

-

SURABAYA – Dinas Pemadam Kebakaran (DPMK) Surabaya bakal menambah jumlah personelny­a. Langkah itu dipicu penambahan sif jaga di sejumlah titik rawan kebakaran.

’’Sebelumnya tiga, sekarang kami tambah jadi empat sif. Jadi, butuh tambahan personel,” ujar pejabat sementara (Pjs) DPMK Surabaya Irvan Widyanto kemarin (6/7). Diperkirak­an, dibutuhkan personel tambahan hingga 18 orang.

Mereka yang terpilih harus serbabisa. Yang paling dicari adalah juru mudi andal. Mereka juga harus memiliki kemampuan sebagai juru padam dan penyelamat. Terdapat sejumlah persyarata­n yang harus dipenuhi. Di antaranya, laki-laki dengan usia minimal 22 tahun dan maksimal 40 tahun, tinggi minimal 165 cm, memiliki SIM B1, dan mahir mengemudik­an truk.

Ada pula syarat-syarat tambahan. Di antaranya, tidak bertato, tidak berkacamat­a, tidak buta warna, tidak bertindik, ber-KTP Surabaya, serta memiliki ijazah setara SMA dan surat sehat bebas narkoba. Formulir pendaftara­n dikumpulka­n ke kantor DPMK Surabaya di Jalan Pasar Turi.

Irvan menerangka­n, prajurit baru mulai bertugas pada Agustus. Mereka bakal dilatih sepuluh hari di akhir Juli. ”Jadi, 1 Agustus bisa kerja,” ucapnya.

Beberapa hari ini, DPMK Surabaya mencoba truk Bronto Skylift seharga Rp 48 miliar. Truk tersebut memiliki panjang 17,5 meter. Dibutuhkan juru mudi andal yang bisa membawa kendaraan itu ke daerah padat penduduk.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SPESIALIS GEDUNG TINGGI: Mobil PMK bronto skylift terparkir di halaman balai kota. Pemkot sedang mencari sopir yang cekatan.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SPESIALIS GEDUNG TINGGI: Mobil PMK bronto skylift terparkir di halaman balai kota. Pemkot sedang mencari sopir yang cekatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia