Jawa Pos

Tukar Tradisi Kehidupan Keluarga

-

SURABAYA – Puluhan warga asal Amerika Serikat (AS) memadati Ruang Soemantri Universita­s dr Soetomo (Unitomo) kemarin (6/7). Mereka datang ke Unitomo untuk bertukar budaya. Khususnya tradisi kehidupan dalam keluarga.

’’Kami ingin menunjukka­n nilai-nilai yang dijunjung di negara masing-masing, khususnya dalam keluarga,’’ ujar Rektor Unitomo Bachrul Amiq.

Dalam acara bertajuk Unitomo’s Cross Culture Understand­ing Indonesia-USA, peserta didik dalam naungan Yayasan Pendidikan Cendekia Utama bisa mempraktik­kan langsung bahasa Inggris kepada native speaker. Kegiatan itu juga ingin menanamkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tradisi yang kental tata krama kepada para anak Indonesia. Terutama hubungan antara orang tua dan anak.

Misalnya, yang terlihat dalam peragaan sederhana antara warga Indonesia dan Amerika Serikat. Secara bergantian, tradisi berpamitan ketika anak keluar rumah ditunjukka­n. ’’Di keluarga kami, jika hanya pergi sebentar dan dekat, mereka (anak-anak, Red) biasanya hanya mengatakan bye, lalu pergi,’’ ujar Nick Shock, salah seorang kepala keluarga dari AS. Kalau bepergian jauh dan lama, menurut pria asal Texas tersebut, buah hatinya selalu memberikan pelukan. Makin lama perginya, pelukan akan makin erat.

Pada hari sebelumnya, para WNA itu mengunjung­i rumah-rumah penduduk di kampung-kampung Surabaya. Mereka merasa takjub saat diterima dengan tangan terbuka.

 ?? ROBERT RISKY/JAWA POS ?? SALING MENGENAL: Perwakilan warga AS menyanyi bersama di Ruang Soemantri Unitomo kemarin. Kegiatan tersebut merupakan pengenalan kebudayaan dalam kehidupan keluarga Indonesia dan AS.
ROBERT RISKY/JAWA POS SALING MENGENAL: Perwakilan warga AS menyanyi bersama di Ruang Soemantri Unitomo kemarin. Kegiatan tersebut merupakan pengenalan kebudayaan dalam kehidupan keluarga Indonesia dan AS.
 ?? ROBERT RISKY/JAWA POS ?? KEBUDAYAAN: Dari kiri, Drake Ulrich Nevins, Leif Jarren Shock, dan Dorian Lori Nevins unjuk bakat dalam bidang dance.
ROBERT RISKY/JAWA POS KEBUDAYAAN: Dari kiri, Drake Ulrich Nevins, Leif Jarren Shock, dan Dorian Lori Nevins unjuk bakat dalam bidang dance.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia