Jawa Pos

Lepas 102 Taruna Angkatan Ke-63 AAL

-

SURABAYA – Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-63 resmi menyandang gelar sarjana terapan pertahanan atau S. Tr. Han kemarin (6/7). Mereka mengikuti prosesi wisuda yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Pukul 08.30, KSAL yang didampingi petinggi AAL memasuki ruangan. Diiringi lagu Gaudeamus Igitur, repertoar untuk acara wisuda di hampir setiap universita­s, barisan petinggi tiba di panggung. ”Hari ini, kami mewisuda 102 taruna-taruni pada angkatan 63 AAL. Terdiri dari 40 siswa korps pelaut, 17 siswa korps teknik, 12 siswa korps elektronik­a, 13 siswa korps suplai, dan 20 siswa korps Marinir,” terang Siwi.

Dia menjelaska­n, 102 siswa yang lulus tersebut harus men- jalani pendidikan perwira remaja selama satu bulan sebelum ditempatka­n di satuan atau kapal masing-masing. Dia berharap senior yang menerima perwira baru itu nanti bisa membimbing mereka untuk menjadi sumber daya TNI-AL yang baik.

”Mereka adalah generasi masa depan yang akan menggantik­an saya. Jadi, mereka harus terus berusaha yang terbaik dan berimprovi­sasi agar TNI-AL bisa lebih bersinar daripada sekarang,” tegasnya.

Saat itu, dia juga melantik lulusan terb aik tiap korps, termasuk lulusan terbaik di AAL. Gelar Adhi Makayasa tersebut diberikan kepada Sersan Mayor Satu Taruna Muhammad Faishal Djuhaeri. Lulusan korps Marinir itu dinilai mampu menjalani pendidikan selama empat tahun dengan cemerlang.

Karena prestasiny­a, Faishal berhak atas kesempatan bertemu secara langsung dengan Presiden Joko Widodo. ”Tentu saya senang bisa diberi piagam penghargaa­n seperti ini. Tapi, kalau ingat bahwa setelah ini harus terjun langsung untuk menjadi perwira, ini jadi tanggung jawab yang harus saya pegang,” ujarnya.

 ?? AHMAD KUSAINI/JAWA POS ?? SELAMAT YA: Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengalungk­an medali dalam prosesi wisuda angkatan ke-63 AAL kemarin.
AHMAD KUSAINI/JAWA POS SELAMAT YA: Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengalungk­an medali dalam prosesi wisuda angkatan ke-63 AAL kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia