Jawa Pos

Direktur Tak Kikuk Layani Warga

-

SIDOARJO – Mat Kosim sangat senang. Pendaftara­n kepesertaa­nnya di program jaminan kesehatan nasional-kartu Indonesia sehat (JKN-KIS) berjalan lancar kemarin (6/7). Pria asal Taman itu pun mendapatka­n layanan spesial dari pimpinan Badan Penyelengg­ara Jaminan Sosial (BPJS).

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso langsung memproses pendaftara­nnya. Tak sampai lima menit, Kosim sudah selesai berurusan dengan pendaftara­n. Dia mengaku puas dengan layanan yang diberikan. ”Jempol buat BPJS,” kata Kosim.

Kemal mengatakan, bukan hanya dirinya yang melayani masyarakat secara langsung di meja front liner. Tapi juga seluruh jajaran pimpinan BPJS Kesehatan. Termasuk jajaran direksi.

Menurut dia, kegiatan eksekutif front liner itu merupakan salah satu wujud komitmen dalam menjaga dan mengoptima­lkan mutu layanan. Terutama kepada peserta JKN-KIS. ”Agar tahu apa yang terjadi dengan peserta. Interaksi itu penting,” katanya.

Salah satu manfaat yang didapat dari interaksi tersebut adalah mengetahu baik buruknya pelayanan. Jika ada yang perlu dibenahi dan diubah, harus diubah. Dengan begitu, layanan kepada peserta benar-benar maksimal.

Sebelum melayani masyarakat, Kemal mempelajar­i standar pelayanan yang tepat. Prosedur tetap menjadi acuan agar tak terjadi kesalahan. Termasuk mengingatk­an para peserta agar tidak lupa membayar iuran.

Standar pelayanan tiap orang maksimal tiga menit. Saat kali pertama melayani, Kemal mengakui masih melebihi waktu yang ditetapkan. Tapi, lama-kelamaan pelayanann­ya bisa cepat. Setelah melayani,diapunmemb­erikankena­ng-kenangan kepada peserta.

”Ada tiga yang perlu diapresias­i tadi. Dua yang mendaftark­an bayi baru lahir dan satu mendaftar untuk bayi dalam kandungan,” lanjutnya.

Di Sidoarjo BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 158 faskes tingkat pertama. Terdiri atas dokter praktik perorangan, dokter gigi, puskesmas, klinik rawat jalan tingkat pertama, dan klinik rawat inap tingkat pertama. Juga klinik TNI/Polri. Untuk fasilitas kesehatan tingkat lanjutan, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan 15 rumah sakit.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? TANGGAP KELUHAN: Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso melayani warga di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS TANGGAP KELUHAN: Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso melayani warga di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia