Jawa Pos

Senam di Lobi, Tak Malu Tiru Gaya Penguin

Rutinitas Peregangan Sukseskan Germas di Tempat Kerja

-

Pimpinan dan seluruh pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo memiliki rutinitas yang patut ditiru. Tiap pagi dan siang, mereka melakukan gerakan peregangan. Kegiatan untuk menyuksesk­an gerakan masyarakat hidup sehat (germas) di tempat kerja itu juga membuat hubungan mereka semakin dekat.

MAYA APRILIANI

PERINTAH melakukan peregangan bersama terdengar jelas di tiap sudut ruang dinas kesehatan (dinkes). Kala itu, jarum jam menunjuk pukul 10.00. Berkali-kali suara seorang perempuan yang mengajak peregangan terdengar. Salah seorang staf dinkes lainnya sibuk menyalakan televisi di lobi. Mencari contoh gerakan peregangan yang akan mereka tiru bersama.

Tak sampai seperempat jam, puluhan pegawai berkumpul di lobi. Kepala Dinkes Sidoarjo dr Ika Harnasti turut serta. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Sidoarjo dr Idong Djuanda juga ikut meregangka­n badan. Termasuk Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggula­ngan Penyakit Dinkes Sidoarjo dr M. Atho’illah.

Tanpa diminta, mereka semua berbaris rapi. Tak ada yang eyel-eyelan soal tempat. Saat peregangan, semua bersemanga­t. Sesekali terdengar tawa dari peserta saat harus menirukan gaya lucu. Misalnya, gerakan penguin berjalan sambil memutar badan. Sesekali terdengar teriakan dari salah seorang peserta agar semuanya tidak tegang. ”Rileks….rileks,” ucapnya dengan suara cukup kencang.

Ika dan pegawai perempuan terlihat enjoy melakukan peregangan. Mereka tak peduli sedang mengenakan rok panjang. Gerakan peserta perempuan tetap lincah. Melangkahk­an kaki ke kiri dan kanan tanpa hambatan. Peserta rapat dari berbagai puskesmas di Kota Delta pun ikut melakukan peregangan di dalam ruang rapat. ”Peregangan ini sebagai wujud pelaksanaa­n Inpres No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” kata Ika.

Di kantor dinkes, setiap hari selalu dilaksanak­an peregangan. Meski pimpinan tidak ada, semua staf tetap melakukann­ya. Sehari dilakukan dua kali. Pagi pada pukul 10.00 dan siang pukul 14.00. Durasi tiap kali peregangan selama 30 menit.

Germas di tempat kerja yang dipraktikk­an dinkes itu sejatinya sudah berlangsun­g lama. Sejak bulan lalu, mereka melakukan peregangan bersama tersebut. Namun, kegiatan itu baru intensif seusai Lebaran. Kumpul bersama di lobi dengan baju kerja dan bergoyang masal sekarang menjadi kebiasaan yang tak bisa ditinggalk­an. ”Tidak ada saya pun, peregangan tetap dilakukan,” kata Ika.

Setelah melakukan peregangan, peserta kembali bekerja di ruang masing-masing. Melanjutka­n aktivitas dan bekerja seperti biasanya. Mereka tetap diimbau untuk meregangka­n badan setiap 15 menit atau saat tubuh merasa pegal-pegal. Misalnya, pegawai yang terlalu lama duduk dan berada di depan komputer.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? SEHARI DUA KALI: Kepala Dinkes dr Ika Harnasti (tiga dari kanan) memimpin senam bersama di lobi kantor Dinkes Sidoarjo kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS SEHARI DUA KALI: Kepala Dinkes dr Ika Harnasti (tiga dari kanan) memimpin senam bersama di lobi kantor Dinkes Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia