Jawa Pos

Rindu Ayam dan Ingin Pesta Ultah

-

SURAT itu sedikit lusuh. Beberapa noda lumpur tampak jelas di atasnya. Itu adalah surat yang ditulis 12 anggota tim sepak bola Moo Pa dan pelatihnya, Ekkapol Chantawong. Navy Seals Thailand mengunggah surat tersebut untuk menunjukka­n bahwa meski terjebak belasan hari, anak-anak itu masih optimistis bisa keluar dengan selamat.

Dilansir CNN, selain pesan personal, mereka menulis pesan bersama. Isinya menyebutka­n bahwa mereka baik-baik saja dan meminta kepada para guru agar tak memberi pekerjaan rumah terlalu banyak. Mereka juga ingin langsung pulang begitu keluar nanti serta mencoba berbagai macam makanan. Sebelum ditemukan, mereka bertahan dengan sisa bekal makanan dan tetesan air di stalaktit.

Ini beberapa pesan yang ditulis anak-anak tersebut:

Tum: Ayah, ibu jangan khawatir. Saya baik-baik saja. Tolong katakan kepada Kakak Yod untuk membawa saya makan ayam goreng. Love you.

Nick: Ayah, ibu, Nick mencintai kalian berdua dan juga adik. Jika saya bisa keluar, ayah dan ibu bawalah saya makan moo kata (menu babi yang disajikan di hot plate, Red). Nick cinta ayah, ibu, dan adik.

Mark: Ibu apakah ibu baik-baik saja di rumah? Tinggallah di rumah. Saya baik-baik saja. Tolong katakan hal itu juga ke guru saya. Love Mom. Numhom (numhom berarti parfum. Mungkin itu adalah panggilan ibunya atau Mark).

Mick: Jangan khawatir. Saya rindu semuanya, kakek, bibi, ibu, ayah, dan saudara-saudaraku. Saya sayang semuanya. Saya senang di sini. Seals sangat memperhati­kan saya. Saya mencintai semuanya.

Dom: Saya baik-baik saja. Udaranya sedikit dingin. Tapi, jangan khawatir. Jangan lupa ulang tahun saya. (Dom sejatinya berulang tahun pada 3 Juli).

Bew: Ibu dan ayah jangan khawatir, Bew hanya hilang dua pekan. Saya akan pulang dan membantu ibu berjualan setiap kali ada waktu luang. Saya segera kembali.

Akkapol Chanthawon­g: Untuk semua orang tua, anak-anak baik-baik saja. Ada orang-orang yang merawat kami. Saya berjanji menjaga anak-anak sebaikbaik­nya. Terima kasih atas dukunganny­a. Saya benar-benar meminta maaf kepada semua orang tua.

 ?? ATHIT PERAWONGME­THA/REUTERS ?? PENYELAMAT­AN BESAR: Seorang penyelam membawa tabung oksigen. Dia melintas di depan regu penyelamat yang terdiri atas personel militer Thailand. Mereka berpacu dengan waktu.
ATHIT PERAWONGME­THA/REUTERS PENYELAMAT­AN BESAR: Seorang penyelam membawa tabung oksigen. Dia melintas di depan regu penyelamat yang terdiri atas personel militer Thailand. Mereka berpacu dengan waktu.
 ?? SOE ZEYA TUN/REUTERS ?? DEMI KENYAMANAN:
Kerabat korban dan relawan menyiapkan makanan untuk menyuplai tim penyelamat yang sedang bekerja.
SOE ZEYA TUN/REUTERS DEMI KENYAMANAN: Kerabat korban dan relawan menyiapkan makanan untuk menyuplai tim penyelamat yang sedang bekerja.
 ?? THAI NAVY SEAL/HANDOUT-REUTERS ?? MASIH BAIK-BAIK SAJA: Sebagian dari 13 orang yang terperangk­ap di dalam gua sejak dua pekan silam. Foto ini diambil dari video pada Selasa (3/7), saat anak-anak itu kali pertama ditemukan tim penyelamat.
THAI NAVY SEAL/HANDOUT-REUTERS MASIH BAIK-BAIK SAJA: Sebagian dari 13 orang yang terperangk­ap di dalam gua sejak dua pekan silam. Foto ini diambil dari video pada Selasa (3/7), saat anak-anak itu kali pertama ditemukan tim penyelamat.
 ?? FOTO: THAI NAVY SEAL-REUTERS - GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS ?? PESAN DARI GUA: Salah satu surat yang ditulis korban. Di situ ada kalimat, ”Anak-anak ingin makan banyak.”
FOTO: THAI NAVY SEAL-REUTERS - GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS PESAN DARI GUA: Salah satu surat yang ditulis korban. Di situ ada kalimat, ”Anak-anak ingin makan banyak.”
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia