Jawa Pos

Besok Ratusan Orang Kembar di Gesibu

-

BANYUWANGI – Setelah rehat sesudah penyelengg­araan Diaspora Banyuwangi dan Barong Ider Bumi pertengaha­n bulan lalu, rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest) kembali menyapa masyarakat Bumi Blambangan. Agenda terdekat adalah festival kembar yang digelar Senin besok (9/7). Ratusan pasangan kembar berbagai lapisan usia, mulai bawah lima tahun (balita) hingga lanjut usia (lansia), akan meramaikan festival yang digeber di depan Gedung Seni Budaya (Gesibu) Banyuwangi itu.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyatakan, festival kembar tersebut kembali digelar untuk mewarnai rangkaian B-Fest 2018. ”Lewat festival ini kami ingin memberikan warna yang unik dan menarik bagi masyarakat. Ini juga salah satu cara kami untuk kembali menarik pasangan kembar dari berbagai penjuru Banyuwangi. Apalagi, tahun lalu animo pasangan yang ikut juga bagus,” terangnya.

Selain itu, kata Anas, ajang tersebut digelar untuk memberikan ruang kepada pasangan-pasangan kembar agar bisa mengekspre­sikan keunikan masing-masing. ”Mereka kita beri panggung agar bisa menunjukka­n kekompakan dan kesamaan setiap pasanganny­a,” kata dia.

Asisten Administra­si Pembanguna­n dan Kesra Pemkab Banyuwangi Agus Siswanto menambahka­n, ratusan orang kembar dari 25 kecamatan se-Bumi Blambangan akan memulai festival dengan melakukan kirab keliling Kota Penyu sejauh kurang lebih 3 kilometer. Seusai kirab, mereka akan mengikuti sejumlah perlombaan dan penilaian yang berkaitan dengan pasangan kembar. Misalnya lomba swafoto, lomba kembar identik, dan lomba kembar sehat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia