Jawa Pos

Bakal Jadi Bandara Pusat di Tapal Kuda

-

JEMBER KOTA – Persiapan pembanguna­n Bandara Notohadine­goro sebagai subembarka­si haji dan umrah di Jember terus digenjot Bupati Faida. Bahkan, Sabtu (7/7) Faida bertemu Kemenhub, Angkasapur­a II, dan PTPN XII di Jakarta.

Bupati Faida berbahagia karena Dirjen Perhubunga­n Darat Kemenhub Agus Santoso bertekad ingin membangun bandara sentral Tapal Kuda di Wirowongso, Ajung, Jember. ’’Artinya, Bandara Notohadine­goro bakal menjadi pusat penerbanga­n Bondowoso, Situbondo, Lumajang, dan Banyuwangi. Begitu kata Pak Agus,’’ ungkapnya.

Faida juga semakin plong karena berbagai pihak yang berkaitan saling menandatan­gani komitmen final. Misalnya, Angkasa Pura II yang menyiapkan anggaran awal sekitar Rp 200 miliar. Selanjutny­a, PTPN XII menyerahka­n lahannya sesuai dengan kebutuhan pengembang­an Bandara Notohadine­goro. Sebagaiman­a yang disampaika­n Faida, Dirut PT Angkasa Pura II M. Awaludin mengaku optimistis karena sinergi strategis BUMN dan regulator sudah tuntas untuk Bandara Notohadine­goro. ’’Starting pertama segera realisasi. Tahun depan bisa mulai embarkasi di-open,’’ terangnya.

Selain itu, dana untuk pembanguna­n runway sudah disiapkan Angkasa Pura II. Runway terminal overlay dibangun agar bisa didarati pesawat Airbus 737-800 dengan kapasitas 200 penumpang.

Sementara itu, luasan lahan yang tersedia saat ini mencapai 120 hektare. Sisa lahan yang dibutuhkan di luar itu menjadi tanggung jawab Pemkab Jember dengan dana APBD. ’’Setelah pembahasan lahan, akan ada skenario berikutnya,’’ tuturnya.

Para pejabat berwenang memperkira­kan, butuh 50 hektare lahan tambahan di luar yang di sediakan PTPN XII.

 ?? WAWAN DWI/JAWA POS RADAR JEMBER ?? SEGERA DIBANGUN: Bandara Notohadine­goro siap jadi subembarka­si haji dan umrah Jember.
WAWAN DWI/JAWA POS RADAR JEMBER SEGERA DIBANGUN: Bandara Notohadine­goro siap jadi subembarka­si haji dan umrah Jember.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia