Jawa Pos

Belgia Favorit Jadi Juara Baru

-

(Inggris) KESUKSESAN Belgia mengalahka­n Brasil 2-1 pada perempat final Piala Dunia kemarin dini hari WIB (7/7) mengangkat pamor De Rode Duivels. Tren apik Belgia itu membuat mereka menjadi negara teratas yang berstatus nonjuara untuk pecah telur. Hampir semua rumah bursa sepakat bahwa Eden Hazard dkk bisa memper- (Kroasia) sembahkan gelar juara perdana buat negerinya. Belgia hanya kalah favorit dari Prancis. Sialnya, Prancis-lah lawannya di semifinal Piala Dunia 2018 ini.

Pundit BBC Rio Ferdinand kemarin mengatakan bahwa kemenangan atas Brasil itu membuat impian meraih juara bersama generasi emas terus menanjak. Meski sesungguhn­ya, sejak Piala Dunia 2014 Brasil, generasi emas Belgia ini sudah digadang-gadang ’’meledak’.’

’’Mereka (Belgia) menjawab kritik yang diberikan dengan cara yang sempurna. Cara bermain mereka menghadapi Brasil, lalu memulai pertanding­an dan menggertak Brasil, menunjukka­n mereka tim yang bisa mengigit,’’ ucap Ferdinand. ’’Status mereka saat ini adalah tim yang harus dikalahkan,’’ tambah eks bek Manchester United itu.

Apabila menjelang perempat final lalu (5/7) status laga final favorit Piala Dunia 2018 versi William Hill adalah Brasil versus Inggris,kemenangan­Belgiakema­rin mengubah konfiguras­i itu.

Sejak kemarin, menurut William Hill, partai final ideal adalah Belgia melawan Inggris. Kedua tim pernah bertemu dalam matchday ketiga grup G pada 29 Juni lalu. Saat itu Belgia menang 1-0 atas Inggris.

Nah, sebelum perempat final lalu, rumah bursa William Hill menaruh koefisien cukup besar untuk partai final Belgia versus Inggris, yakni 9,5. Artinya, laga itu tidak cukup favorit untuk terealisas­i.

Partai final Belgia melawan Inggris berada di bawah Brasil melawan Inggris (koefisien 6), Prancis melawan Inggris (6,5), Brasil melawan Kroasia (7,5), dan Kroasia melawan Prancis (8). Namun, sejak kemarin, koefisien itu bergeser ’’mengecil’’ menjadi 4,5.

Mantan pelatih Jerman dan Amerika Serikat Juergen Klinsmann kepada BBC juga menaruh impresi akan penampilan Belgia. Setelah Brasil, Prancis sangat mungkin bisa ditekuk juga di semifinal.

’’Kalian bisa melihat bagaimana spirit tim ini sangat luar biasa. Mereka sangat dekat antar pemain dan Roberto Martinez (pelatih Belgia, Red) melakukan kerjanya dengan bagus sekali,’’ puji Klinsmann.

Keberhasil­an Belgia menembus semifinal ini berbanding lurus dengan mencuatnya nama Eden Hazard sebagai salah satu kandidat pemain terbaik Piala Dunia 2018.

Apabila sebelum perempat final di posisi lima besar calon pemain terbaik versi William Hill tak ada nama pemain Belgia, hal tersebut bergeser kemarin. Eden Hazard dan Kevin de Bruyne masuk ke lima besar. Hazard dan De Bruyne menggusur dua pemain Brasil yang sebelumnya masuk bursa, yakni Neymar dan Philippe Coutinho.

 ?? REUTERS ?? HARRY KANE LUKA MODRIC
REUTERS HARRY KANE LUKA MODRIC
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia