Jawa Pos

Warga Tuan Rumah Ikut Bersedih

Ketika Brasil Tersingkir dari Piala Dunia 2018

-

Salah satu tim yang sangat dicintai warga Rusia adalah Brasil. Mereka suka dengan para seniman bola dan juga permainan indahnya. Tak mengherank­an kalau tumbangnya Brasil oleh Belgia di perempat final kemarin dini hari WIB membuat mereka sangat kecewa.

’’SAYANG, Brasil sebetulnya adalah tim yang dahsyat,’’ kata Dmitry Sokolov, seorang penonton di FIFA Fan Fest St Petersburg. ’’Brasil punya Coutinho, Neymar, dan yang lainnya. Ini sangat mengecewak­an. Mereka layak menjadi juara turnamen ini,’’ ucapnya sedih.

Kemarin suasana nonton bareng di FIFA Fan Fest St Petersburg memang meriah. Meski bukan Rusia yang bermain, atmosfer di Konyushenn­aya Square amat ramai. Diperkirak­an, ada lebih dari 10.000 orang yang memadati lokasi yang berada tepat di sebelah tetenger kota terkenal St Petersburg, The Church of the Savior on Spilled Blood, itu.

Sebelum memasuki lokasi Fan Fest, penonton harus antre panjang. Lini antrean sampai harus dibuka untuk tiga jenis pengunjung. Pertama yang membawa tas, kedua tidak membawa tas, serta yang ketiga adalah penonton anak-anak dan berkebutuh­an khusus.

FIFA Fan Fest di St Petersburg tidak sebesar di Moskow atau Kazan. Area tersebut mampu menampung ’’hanya’’ 15 ribu orang. Bandingkan dengan Moskow dan Kazan yang bisa menadahi lebih dari 25.000 penonton. Kalau di Moskow ada satu panggung besar dengan satu layar utama plus enam layar pendukung, di St Petersburg cuma terdapat satu layar.

Namun, justru itulah kelebihann­ya. Sebab, fokus penonton hanya ke satu arah. Dan memang, penonton laga Belgia melawan Brasil kemarin didominasi pendukung dan simpatisan tim Samba. Hanya ada segelintir fans Belgia yang hadir di sana. Namun, mereka didukung orang-orang Meksiko yang pada babak 16 besar timnya dikalahkan Brasil.

Sorakan terbesar di Fan Fest terjadi ketika tandukan Renato Augusto mengoyak gawang Thibaut Courtois. Augusto memperkeci­l ketertingg­alan Brasil menjadi 1-2. Namun, itulah satu-satunya kegembiraa­n yang terjadi kemarin. Para pendukung Brasil yang memakai baju kuning serta membawa atribut dan bendera Brasil terlihat sangat murung. Mata beberapa di antaranya memancarka­n kesedihan yang dalam dengan kekalahan 1-2 itu.

Beberapa di antara mereka terlihat enggan meninggalk­an arena Fan Fest. Suporter yang akhirnya keluar berjalan dengan sangat lunglai dan berat. Melihat itu, fans Meksiko menyanyi-nyanyi ’’Ciao Neymar, Ciao Neymar, Ciao...’’ tepat di depan orang-orang Brasil. Namun, pendukung Brasil cuek saja, tidak menanggapi. Mereka lebih sibuk dengan kesedihan sendiri.

Constantin Gomes de Medeiros, suporter Brasil asal Rio de Janeiro, mengaku sangat terpukul dengan kekalahan itu. Bagi dia, mungkin jika Casemiro bermain, hasil pertanding­an akan lain. Gelandang bertahan Real Madrid itu absen karena akumulasi kartu. Pengganti Casemiro, yakni Fernandinh­o, malah mencetak gol bunuh diri. Tidak adanya Casemiro juga membikin lini tengah Brasil timpang dan terlihat kedodoran menahan serangan Belgia.

’’Padahal, saya sudah membeli tiket semifinal (di St Petersburg) dan final (di Moskow). Saya yakin kami akan juara,’’ kata Gomes de Medeiros dengan mimik sedih. ’’Bagi saya, Piala Dunia telah berakhir,’’ imbuhnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? AKHIRNYA MENANGIS: Ekspresi suporter Brasil di FIFA Fan Fest Saint Petersburg ketika Neymar dkk gagal mengonvers­i peluang menjadi gol saat melawan Belgia di perempat final dini hari kemarin (7/7).
ANGGER BONDAN/JAWA POS AKHIRNYA MENANGIS: Ekspresi suporter Brasil di FIFA Fan Fest Saint Petersburg ketika Neymar dkk gagal mengonvers­i peluang menjadi gol saat melawan Belgia di perempat final dini hari kemarin (7/7).
 ??  ?? IH GEMAS: Seorang fans Brasil gemas ketika tim kesayangan mereka tak juga menyamakan kedudukan di babak kedua. Foto bawah, Vladimir Bologovkin, warga Rusia, turut mendukung timnas Brasil.
IH GEMAS: Seorang fans Brasil gemas ketika tim kesayangan mereka tak juga menyamakan kedudukan di babak kedua. Foto bawah, Vladimir Bologovkin, warga Rusia, turut mendukung timnas Brasil.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SEALED WITH A KISS: Sementara itu, pendukung Belgia di Fan Fest yang hanya sedikit merayakan kelolosan tim mereka ke semifinal setelah mengalahka­n Brasil.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SEALED WITH A KISS: Sementara itu, pendukung Belgia di Fan Fest yang hanya sedikit merayakan kelolosan tim mereka ke semifinal setelah mengalahka­n Brasil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia