Jawa Pos

Lukaku Yang Lebih Tahu

-

DI BALIK sukses eksperimen Roberto Martinez, ada peran Romelu Lukaku. Meski tidak mencetak gol, Rom –panggilan akrab Lukaku– tetap ciamik ketika digeser lebih melebar ke kanan dalam front three Belgia. Selain itu, bomber Manchester United tersebut mengomanda­ni dua partner-nya, Eden Hazard dan Kevin De Bruyne.

Pemain bertinggi 191 sentimeter tersebut selalu menjelaska­n ke Hazard dan De Bruyne tentang perubahan taktik De Rode Duivels –julukan Belgia– di laga tersebut. Dilansir RTBF, bomber yang masih jadi top scorer Belgia di Piala Dunia 2018 itu mengatakan mendapat tugas penting di laga tersebut.

Lukaku menjembata­ni Martinez dan penggawa Belgia lainnya pada sesi latihan sebelum laga kemarin WIB. ’’Saya membantu Eden (Hazard) dan Kevin (De Bruyne) saat mereka butuh penjelasan bagaimana mereka berdiri dan apa yang harus mereka lakukan di dalam situasi game plan dari Roberto (Martinez),’’ kata striker yang sudah mengoleksi 40 gol dari 73 caps-nya di timnas Belgia itu.

Martinez mengubah gaya main Belgia jadi lebih mengandalk­an counteratt­ack. Itu tidak jauh beda seperti ketika pelatih berkebangs­aan Spanyol pertama yang membesut timnas Belgia itu masih di Finch Farm –kamp latihan Everton– 2013–2016. ’’Saya sering menjalanka­nnya dan karena itu saya paham apa yang harus saya lakukan,’’ tambah Lukaku.

Ya, Lukaku dan Martinez pernah bekerja sama di Goodison Park –homeground Everton– selama tiga musim. Yakni, antara 2013–2016. Martinez pulalah yang menyelamat­kan karir Lukaku setelah jadi pemain buangan Chelsea di West Brom (2012-2013) dan di Everton musim berikutnya. Pada musim panas 2014, Martinez yang ada di balik keputusan Everton menjadikan Lukaku sebagai pemain termahalny­a kala itu dengan fee GBP 28 juta (Rp 533,2 miliar).

 ?? TORU HANAI/REUTERS ?? PENYAMBUNG LIDAH: Romelu Lukaku memeluk Kevin De Bruyne yang sukses membobol gawang Brasil.
TORU HANAI/REUTERS PENYAMBUNG LIDAH: Romelu Lukaku memeluk Kevin De Bruyne yang sukses membobol gawang Brasil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia