Jawa Pos

Prancis si Penakluk Latin

-

PRANCIS meneguhkan dominasi tim-tim Eropa atas Amerika Latin. Les Bleus –julukan timnas Prancis– membuktika­nnya sejak fase grup lalu. Peru yang menjadi lawan pertama dari Amerika Latin (21/6) mereka bekap dengan skor tipis 1-0. Lalu, pada babak 16 (30/6), Argentina ditekuk dengan skor 4-3. Terakhir, Uruguay mereka pulangkan setelah tumbang 0-2 pada babak perempat final (30/6).

Kedigdayaa­n Prancis atas wakil Amerika Latin mengingatk­an publik pada performa tim Belanda di Piala Dunia 1974. Ketika itu, Belanda bablas ke final setelah menghabisi tiga raksasa Amerika Latin. Masing-masing Uruguay (2-0), Argentina (4-0), dan Brasil (2-0).

ESPN kemarin (7/7) menuliskan statistik superiorit­as Les Bleus atas tim-tim Latin di ajang Piala Dunia. Dalam sepuluh pertemuan terakhir melawan tim Latin di ajang Piala Dunia, Prancis tak terkalahka­n.

Kekalahan Prancis atas tim Latin diderita pada 40 tahun yang lalu. Yakni, ketika Piala Dunia 1978 di Buenos Aires, Argentina. Ketika itu, Prancis kalah 1-2 atas tuan rumah Argentina di fase grup pertama.

Kemenangan atas Uruguay Jumat lalu (6/7) sekaligus memperbaik­i catatan pertemuan Prancis melawan tim berjuluk La Celeste tersebut. Dalam empat pertemuan versus Uruguay, Prancis sekali menang, dua kali seri, dan sekali kalah. Satu-satunya kekalahan Prancis oleh Uruguay terjadi pada Piala Dunia 1966.

Entraineur Prancis Didier Deschamps sebagaiman­a diberitaka­n The Guardian memuji performa anak buahnya. Dia menyebut Hugo Lloris dkk tampil sangat berani.

’’Saya kira kami sangat pantas mendapatka­n hasil (kemenangan, Red) itu. Kami bermain menghadapi Uruguay yang bermain apik. Namun, pada akhirnya,kamilebihb­aikdaripad­a mereka,’’ tutur eks entraineur Marseille dan Juventus tersebut.

Deschamps lebih puas dengan performa anak asuhnya saat menghadapi Uruguay ketimbang melawan Argentina. Khususnya para pemain muda.

’’Banyak yang bilang bahwa mengandalk­an pemain muda adalah titik lemah tim ini. Yang dibutuhkan adalah kontrol yang tepat untuk letupan semangat para pemain muda itu,’’ kata Deschamps.

 ?? DARREN STAPLES/REUTERS ?? MOMOK LATIN: Bomber Prancis Antoine Griezmann melepaskan tembakan bebas ke gawang Uruguay (6/7).
DARREN STAPLES/REUTERS MOMOK LATIN: Bomber Prancis Antoine Griezmann melepaskan tembakan bebas ke gawang Uruguay (6/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia