Jawa Pos

KPK Cekal Rekan Dekat Irwandi

Diduga Terkait Kasus Suap Gubernur Aceh

-

JAKARTA – Setelah menetapkan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebagai tersangka kasus suap pada Rabu (4/7), Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK) melakukan serangkaia­n kegiatan penyidikan di provinsi Serambi Makkah. Komisi antirasuah tersebut juga mengajukan permohonan pencegahan ke luar negeri terhadap sejumlah pihak.

Permohonan pencegahan dan penangkala­n (cekal) itu diajukan oleh penyidik KPK kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Jumat lalu (6/7). Ada empat orang yang dicegah. Yakni, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Aceh Nizarli, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rizal Aswandi, Fenny Steffy Burase, serta Teuku Fadhilatul Amri.

Di antara nama-nama itu, pencegahan Fenny Steffy Burase menyita perhatian. Sebab, dia merupakan perempuan cantik yang tengah menjadi sorotan di kalangan masyarakat Aceh. Steffy tercatat sebagai tenaga ahli Aceh Internatio­nal Marathon di Sabang. Dia beberapa kali tepergok bersama Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam persiapan event yang akan digelar 29 Juli mendatang itu.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pencegahan Steffy merupakan kebutuhan penyidikan. Seluruh nama yang diajukan ke Ditjen Imigrasi itu dicegah selama enam bulan ke depan. Orang-orang itu masih berstatus saksi, baik Steffy maupun para pejabat Pemprov Aceh. ”Pihak-pihak itu perlu dicegah ke LN (luar negeri, Red) agar saat dibutuhkan keterangan­nya, dapat dilakukan pemeriksaa­n,” tutur dia.

Terkait dengan Steffy, Febri belum bisa memerinci lebih jauh apa yang hendak digali. Namun, dia memastikan bahwa perempuan yang beberapa kali mengunggah status berisi dukungan untuk Irwandi Yusuf di Instagram itu bakal dimintai keterangan seputar perkara suap dana otonomi khusus Aceh (DOKA) 2018. ”Yang pasti terkait penanganan perkara, ya,” ungkapnya.

Sebelumnya, aktivis Gerakan Antikorups­i (Gerak) Aceh Mahmudin menyatakan, mencuat dugaan dana mencurigak­an di event Aceh Marathon. Transaksi itu terkait dengan pembelian medali untuk hadiah event lari berskala internasio­nal tersebut. Nah, pencegahan Steffy ke luar negeri sangat mungkin dilakukan untuk mendalami dugaan itu. Pertimbang­annya, Steffy merupakan bagian dari event tersebut.

 ?? INSTAGRAM ?? Fenny Steffy Burase
INSTAGRAM Fenny Steffy Burase

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia