Jawa Pos

Dicari dari Satu Puskesmas ke Puskesmas Lain

Pemilik Bom di Bangil Punya Hobi Nyeleneh

-

SURABAYA – Polisi berusaha menghimpun informasi apa pun yang terkait dengan Anwardi alias Abdullah untuk menangkap terduga pemilik bom yang meledak di Bangil Kamis lalu (5/7) itu. Mulai mendatangi puskesmas untuk mencari rekam jejak pengobatan hingga orang-orang terdekat pelaku.

Berdasar penelusura­n Jawa Pos, ada satu kebiasaan nyeleneh yang sering dilakukan pelaku. Yakni, mengumpulk­an korek api kayu. Entah di mana Anwardi membelinya. Yang dia kumpulkan hanya batang kayunya. Sedangkan pentol koreknya yang berwarna cokelat kehitaman itu selalu dibuang. ”Itu kebiasaann­ya, tapi nggak tahu kenapa begitu,” jelas sumber Jawa Pos di kepolisian.

Keterangan lain yang didapatkan Jawa Pos, Anwardi tidak punya pekerjaan tetap selain membantu istrinya, Dina Rohana, berjualan gamis secara online. Sumber Jawa Pos menyebutka­n, sehari-hari Anwardi dan Dina hanya menjahit pakaian di dalam rumah. Anwardi baru keluar dari rumah saat mengantark­an jahitan pesanan kepada pelanggan. Selain menjual gamis, keluarga kecil itu berdagang bermacam pakaian berbahan dasar kain katun.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera tak mau memberikan tanggapan apa pun terkait dengan temuan tersebut. ”Saya nggak bisa kasih konfirmasi. Langsung ke mabes saja,” ujarnya.

Mantan Kepala Instruktur Perakitan Bom Jamaah Islamiyah Jatim Ali Fauzi menilai pemahaman pelaku tentang merakit bom masih sangat dangkal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia