Jawa Pos

Deteksi Dini Cegah CJH Gagal Terbang

-

SURABAYA – Musim haji tahun lalu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya mendapati 26 calon jamaah haji (CJH) yang gagal terbang karena alasan kesehatan. Kondisi itu diketahui berdasar pemeriksaa­n akhir di asrama haji.

Kasus paling banyak adalah gagal ginjal. Kemudian, disusul kasus kehamilan dan TBC. Mengantisi­pasi itu, KKP berkoordin­asi dengan tim penyelengg­ara kesehatan haji kabupaten/kota di puskesmas dan RS terkait agar bisa dilakukan deteksi dini. ”Lebih cepat mengetahui riwayat dan potensi penyakit jamaah, cepat juga penanganan­nya nanti sehingga kemungkina­n gagal terbang kecil,” kata Kepala KKP Kelas 1 Surabaya M. Budi Hidayat.

Pemeriksaa­n CJH, lanjut Budi, umumnya meliputi tiga tahapan. Tahap pertama dilakukan tim penyelengg­ara kesehatan di puskesmas saat pendaftara­n. Tahap kedua dilaksanak­an tim penyelengg­ara kesehatan haji kabupaten/kota di puskesmas dan RS setelah keberangka­tan ditentukan J

Kemudian, untuk tahap ketiga, pemeriksaa­n dilakukan di asrama haji jelang bertolak ke Tanah Suci.

Sejak tahap pertama, dilakukan identifika­si risiko kesehatan supaya pengobatan dan perawatann­ya bisa disiapkan. Penanganan itu berlanjut hingga pemeriksaa­n kedua, bahkan ke tahapan pemeriksaa­n ketiga. Menurut Budi, pendeteksi­an dini kondisi kesehatan CJH adalah upaya mengurangi risiko jamaah yang gagal terbang.

Pendeteksi­an tersebut bertujuan secara cepat mengetahui jamaah yang memiliki risiko tinggi. Selain pengobatan dan perawatan selama masa tunggu keberangka­tan, CJH diberi pembinaan kesehatan. Baik pada pemeriksaa­n tahap pertama, tahap kedua, maupun tahap ketiga di Asrama Haji. ”Pembinaan dilakukan dalam berbagai bentuk program,” ujarnya.

Untuk mengakomod­asi pemeriksaa­n tersebut, KKP membentuk tim. Ada bidang pelayanan kesehatan dan bidang pengamatan penyakit. Sebanyak 103 petugas dikerahkan pada penyelengg­araan haji tahun ini. Selain internal KKP, mereka berasal dari dinas kesehatan, Palang Merah Indonesia, dan akademi keperawata­n. Kloter pertama haji tahun ini akan diberangka­tkan pada 17 Juli mendatang.

 ?? GALIH ADI PRASETYO/JAWA POS ?? TERAKHIR: Sebelum ke Tanah Suci, CJH kembali menjalani pemeriksaa­n di asrama haji.
GALIH ADI PRASETYO/JAWA POS TERAKHIR: Sebelum ke Tanah Suci, CJH kembali menjalani pemeriksaa­n di asrama haji.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia