Jawa Pos

Ketua Pansus Liverpool Tak Masuk Daftar

-

SURABAYA – Mantan Ketua Pansus Sister City Surabaya Liverpool Achmad Zakaria tak ada dalam daftar nama delegasi yang berangkat ke Inggris. Hal tersebut dipermasal­ahkan kubu yang tidak berangkat. Namun, Zakaria tak mau larut dalam konflik dua kubu itu.

”Silahkan dibahas di rapat internal. Saya tidak ikut rebutan,” jelas politikus PKS tersebut. Selama empat tahun menjadi anggota dewan, Zakaria belum pernah sekali pun ikut kunjungan ke luar negeri. Dari 50 anggota dewan, dia satu-satunya yang belum berangkat.

Zakaria menyatakan bukan anti kunker ke luar negeri. Lalu, mengapa dia selalu menolak ajakan kunker tersebut? Zakaria menjelaska­n bahwa dirinya memiliki banyak kegiatan. Baik kegiatan partai maupun bersama warga. Karena itulah, dia selalu menolak ajakan tersebut.

Koordinato­r Parlemen Watch Jawa Timur Umar Sholahuddi­n menilai kasus rebutan kunker tidak etis. Dia menyatakan bahwa penentuan nama delegasi yang berangkat memang harus dirapatkan. ”Tidak boleh seenaknya sendiri. Permasalah­annya bermula dari sini,” ujarnya.

Umar tak kaget saat anggota dewan Surabaya berebut ke luar negeri. Sebab, jika dibandingk­an dengan DPRD Jatim atau RI, jatah ke luar negeri anggota DPRD kota/ kabupaten lebih sedikit. Mereka hanya bisa berangkat dengan menempel agenda pemkot.

Itu berbeda dengan DPRD Jatim yang memiliki jatah kunker mandiri. Setiap anggota mempunyai jatah dua kali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia