Jawa Pos

Minim Lokasi Parkir, Tiru Balai Pemuda

Akan Diterapkan di Dua Lokasi

-

SURABAYA – Proyek basement Balai Pemuda dianggap sukses dan bakal diterapkan di lokasi lain. Rencananya, pembanguna­n parkir bawah tanah juga dilakukan di RSUD Soewandhie dan inspektora­t pemkot.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Kristian menerangka­n, desain dua lokasi baru itu sedang dibikin. Salah satunya di RSUD Soewandhie. Pemkot telah membebaska­n sejumlah bangunan di belakang rumah sakit milik pemkot tersebut. ”Sama ada proyek semi-basement di gedung pemkot samping inspektora­t,” jelasnya.

Dua lokasi tersebut memang sering dikunjungi warga. Selama ini parkir RSUD Soewandhie selalu meluber ke jalan raya. Kemacetan menjadi makanan tiap hari. Padahal, jalur rumah sakit idealnya harus steril dan bebas macet.

Sementara itu, kebutuhan parkir di balai kota juga sangat tinggi. Ruas jalan Sedap Malam dan Jimerto lebih sering digunakan untuk parkir ketimbang dilalui kendaraan. Karena itu, keberadaan tempat parkir sangat dibutuhkan.

Iman menerangka­n, proyek basement Balai Pemuda yang sedang berlangsun­g memang cukup cepat. Bulan lalu basement

belum terlihat. Kini ruang bawah tanah tersebut sudah bisa dilihat. Struktur bangunan juga tampak menjulang. ”Struktur memang cepat. Yang agak lama itu tahap

finishing,” kata alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tersebut.

Basement yang sedang dibangun bakal disambungk­an dengan basement yang sudah jadi tahun lalu. Selain di area bekas masjid, basement dibangun di halaman Balai Pemuda sisi selatan. Tahun depan basement

juga bakal diperlebar hingga ke bawah jalan raya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? DIKEBUT: Wujud proyek basement dan Masjid Assakinah Balai Pemuda sudah tampak.
DITE SURENDRA/JAWA POS DIKEBUT: Wujud proyek basement dan Masjid Assakinah Balai Pemuda sudah tampak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia