Jawa Pos

Langsung Gerak Menyusun Perkada

-

SIDOARJO – Keputusan sudah diambil DPRD Sidoarjo. Keputusann­ya memang tidak menyenangk­an bagi eksekutif. Meski begitu, eksekutif tidak ingin terjebak untuk saling menyalahka­n. Sebaliknya, mereka langsung bergerak untuk menyusun peraturan kepala daerah (perkada). ’’Sebelumnya kami konsultasi­kan dulu ke gubernur. Jika harus membuat perkada, mekanisme itu segera kami jalankan,’’ kata Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin kemarin (7/7). Sembari berkonsult­asi, naskah untuk perkada juga mulai disusun. Eksekutif tidak ingin membuang banyak waktu. Sebab, mereka ingin segera melangkah ke tahaptahap berikutnya.

Tahap itu berkaitan dengan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS) 2019. Juga, menyangkut perubahan anggaran keuangan (PAK) 2018. Nota keduanya harus dimasukkan ke DPRD Sidoarjo agar pembahasan­nya maksimal. ’’Kami tidak ingin pembanguna­n terganggu. Maka, tahap yang harus kami lakukan kini kami siapkan sekaligus kami jalankan. Kami tidak mau larut dengan apa yang terjadi kemarin,’’ ungkap Nur Ahmad.

Pria yang juga politikus PKB itu mengatakan sebenarnya langkah legislatif itu kurang elok. Apalagi, pembahasan belum sempat dilakukan. Dari sudut pandangnya, dewan sebenarnya jauh lebih baik memberikan rekomendas­i dan catatan-catatan kritis. ’’Tapi, karena keputusan seperti itu, ya kami harus hormati. Kini tugas kami mengajukan perkada jika memang mekanismen­ya begitu. Yang jelas, kami ingin terus jalan,’’ jelasnya.

Tidak sekadar menyusun perkada untuk diusulkan ke gubernur, Nur Ahmad juga menegaskan bahwa momentum tersebut menjadi bahan evaluasi. Salah satunya memperbaik­i hubungan antara eksekutif dan legislatif. ’’Ini harus kita rajut kembali. Sebab, dalam membangun eksekutif tidak bisa berjalan sendiri,’’ paparnya. Wakil Bupati Sidoarjo

Kami tidak ingin pembanguna­n terganggu. Maka, tahap yang harus kami lakukan kini kami siapkan sekaligus kami jalankan.”

NUR AHMAD SYAIFUDDIN

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia