Jawa Pos

Rekayasa Lalin di Sekitar Stadion

-

SIDOARJO – Pergelaran Piala AFF U-19 di Kota Delta membuat polisi ikut sibuk. Kemarin (7/7), misalnya. Ratusan polisi berkumpul di Stadion Gelora Delta sejak pukul 09.00 untuk pengamanan. Mereka melakukan penjagaan di dekat loket pem_belian tiket. Beberapa juga menyebar di jalan untuk merekayasa arus lalu lintas (lalin) sekitar stadion. Maklum, sejak pagi warga yang berdatanga­n sangat banyak.

Itu dilakukan bukan tanpa sebab. Jadwal salah satu laga yang dimainkan melibatkan timnas Indonesia. Nah, partai yang berlangsun­g pukul 19.00 tersebut menjadi penentu lolos tidaknya ke babak selanjutny­a. ’’Harus diantisipa­si sejak dini agar tidak terjadi penumpukan,’’ ujar Kasatlanta­s Polresta Sidoarjo Kompol Dhyno Indra Setyadi.

Fokus utama rekayasa adalah Jalan Ponti. Jalan yang akrab dengan sebutan lingkar barat itu ditutup bagi kendaraan yang mau melintas ke utara (Pagerwojo). ’’Hanya bus pemain dan ofisial yang diperboleh­kan lewat,” jelasnya.

Dhyno menuturkan, jalan yang lengang tersebut selanjutny­a dialihfung­sikan sebagai tempat parkir. ’’Berdasar analisis, rekayasa perlu dilakukan agar lalu lintas tidak terkunci,” katanya.

Selain di Jalan Ponti, pihaknya menyiapkan personel di Jalan Pahlawan. Jadi, mereka bisa langsung mengalihka­n kendaraan yang hendak ke utara untuk melewati jalur alternatif. ’’Dari arah Pucang, juga dilakukan penyekatan,’’ ujarnya.

Dhyno menjelaska­n, rekayasa lalin juga dilaksanak­an dua polsek jajaran. Yaitu, Polsek Buduran dan Candi. Mereka melakukan pengalihan agar kendaraan besar melewati Jalan Lingkar Timur.

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? LANCARKAN AFF U-19: Kasatlanta­s Polresta Sidoarjo Kompol Dhyno Indra Setyadi memimpin rekayasa lalu lintas di bundaran Taman Pinang Indah kemarin.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS LANCARKAN AFF U-19: Kasatlanta­s Polresta Sidoarjo Kompol Dhyno Indra Setyadi memimpin rekayasa lalu lintas di bundaran Taman Pinang Indah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia