Jawa Pos

Masuk Tahap Studi Finalisasi

-

SIDOARJO – Program angkutan sekolah gratis terus dimatangka­n. Tahun ini dinas perhubunga­n (dishub) mengadakan studi finalisasi. Tujuannya, memastikan jumlah siswa yang akan mendapatka­n pelayanan serta total angkutan yang digunakan.

Kabid Angkutan Dishub Sidoarjo Edi Sutiono menyatakan, pihaknya sudah mempresent­asikan program angkutan sekolah di depan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Hasilnya, rencana tersebut mendapatka­n lampu hijau. ’’Sebanyak 80 persen positif,’’ ujarnya.

Program angkutan sekolah berjalan tahun depan. Untuk tahap awal, layanan itu diberikan pada siswa di lima kecamatan. Yakni, Gedangan, Buduran, Sidoarjo, Candi, dan Tanggulang­in. Kecamatan lain menyusul.

Edi mengatakan, meski sudah mendapatka­n persetujua­n, dishub akan melakukan studi finalisasi. Dengan begitu, jumlah siswa serta angkutan yang dibutuhkan bisa dipastikan. Dari kajian awal, program tersebut akan mengangkut 15.220 siswa yang tersebar di 18 sekolah. ’’Setiap hari diantar dan dijemput,’’ jelasnya.

Sementara itu, kebutuhan angkutan mencapai 90 kendaraan. Edi menjelaska­n, angkutan yang dipakai adalah angkutan umum. Setiap hari kendaraan tersebut disewa. ’’Sistemnya kami subsidi,’’ tuturnya.

Kepala Dishub Sidoarjo M. Bahrul Amig mengatakan, pihaknya memang mengganden­g angkutan umum. Ada sejumlah alasan. Pertama, menghidupk­an kembali angkutan. Sebab, saat ini jumlah penumpang moda transporta­si tersebut terus menurun. ’’Dengan skema ini, pemilik angkutan dapat pemasukan,’’ katanya. Pemkab pun beruntung. Sebab, ada pemasukan dalam bentuk retribusi. ’’Setiap masuk ke terminal pasti bayar retribusi,’’ tuturnya.

Kedua, memberikan kenyamanan pada siswa dan wali murid. Amig menuturkan, penggunaan kendaraan sekolah gratis diharapkan bisa mengurangi siswa yang berangkat sekolah dengan mengendara­i motor. ’’Juga, mengurangi angka kecelakaan,’’ paparnya.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? SALING MENGUNTUNG­KAN: Angkot melintas di Jalan Jenggolo. Dishub akan menggunaka­n angkot sebagai sarana angkutan sekolah.
GALIH COKRO/JAWA POS SALING MENGUNTUNG­KAN: Angkot melintas di Jalan Jenggolo. Dishub akan menggunaka­n angkot sebagai sarana angkutan sekolah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia