Jawa Pos

Pemkab Buka Lowongan 556 PNS Baru

-

SIDOARJO – Pemkab memastikan membuka lowongan penerimaan PNS tahun ini. Jumlah formasi yang dibuka mencapai 556 pegawai. Sesuai dengan angka pegawai yang pensiun tahun ini.

Kepastian pemkab membuka penerimaan PNS itu disampaika­n Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Sri Witarsih. Jumat (6/7) seluruh BKD se-Jatim mengadakan rapat di Surabaya. Pertemuan tersebut membahas penerimaan PNS.

Menurut Sri, pemerintah sudah memberikan lampu hijau. Nanti, seluruh daerah diperboleh­kan membuka lowongan pegawai. Namun, jumlahnya dibatasi. ’’Harus sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun tahun itu,’’ jelasnya.

Pemkab mengajukan 556 pegawai. Perinciann­ya, 274 tenaga pendidikan, 182 lowongan bagi tenaga teknis, serta 100 formasi untuk tenaga kesehatan. ’’Tiga bidang itu memang sangat membutuhka­n tambahan pegawai,’’ terangnya.

Kebutuhan pegawai negeri di Sidoarjo sebenarnya lebih dari 556 orang. Sebab, setiap tahun sekitar 500 pegawai purnatugas. Dari pendataan sementara, kekurangan PNS di Kota Delta mencapai 3.309 pegawai.

Sri menyatakan, tingginya kebutuhan PNS tersebut disebabkan kebijakan moratorium PNS. Sejak akhir 2011, pemerintah melarang daerah membuka lowongan penerimaan pegawai. Alhasil, seluruh wilayah kekurangan PNS. Termasuk Sidoarjo. Sebab, banyak yang purnatugas, pensiun dini, dan meninggal. ’’Sidoarjo ini sudah minus growth,’’ ujarnya.

Sri menuturkan, seleksi PNS itu diselengga­rakan Agustus. Sembari menunggu kejelasan, BKD akan memastikan jumlah pasti kebutuhan pegawai.

 ?? GRAFIS: DAVID/JAWA POS ?? Kasus Tersangka
Di bawah 17 tahun Usia 18– 35 tahun Di atas 35 tahun Ganja Sabusabu Ekstasi Pil koplo Kasus Tersangka
Di bawah 17 tahun Usia 18– 35 tahun Di atas 35 tahun Ganja Sabusabu Ekstasi Pil koplo
GRAFIS: DAVID/JAWA POS Kasus Tersangka Di bawah 17 tahun Usia 18– 35 tahun Di atas 35 tahun Ganja Sabusabu Ekstasi Pil koplo Kasus Tersangka Di bawah 17 tahun Usia 18– 35 tahun Di atas 35 tahun Ganja Sabusabu Ekstasi Pil koplo
 ?? MIFTAKHUL FS/JAWA POS ?? SUDAH DISETUJUI: Bupati Sidoarjo melantik PNS baru pada Selasa (26/6). Kini pemkab membuka lowongan untuk 556 PNS baru.
MIFTAKHUL FS/JAWA POS SUDAH DISETUJUI: Bupati Sidoarjo melantik PNS baru pada Selasa (26/6). Kini pemkab membuka lowongan untuk 556 PNS baru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia