Jawa Pos

PELUANG ULANGI PRESTASI 2013

-

SIDOARJO – Kesuksesan Evan Dimas Darmono dkk lima tahun silam itu kian terbuka untuk bisa dinapaktil­asi Nurhidayat Haji Haris dkk. Kemenangan 1-0 (0-0) atas Vietnam tadi malam menempatka­n mereka di semifinal Piala AFF U-19 2018.

Pada 2013, di tempat yang sama, Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, timnas U-19 Indonesia yang ditangani Indra Sjafri sukses merebut gelar J

Kini, di bawah penanganan pelatih yang sama, Garuda Muda tinggal ”memilih lawan” di semifinal saat menghadapi Thailand di laga terakhir besok malam (9/7).

”Para pemain main dengan hati, apalagi untuk negara. Jadi, tidak sulit untuk memotivasi. Saya salut dengan perjuangan mereka,” kata Indra setelah laga.

Gol semata wayang Indonesa berawal dari aksi individu Todd Rivaldo Ferre. Bola rebound hasil tembakanny­a yang membentur mistar berhasil dimaksimal­kan M. Rafli Mursalim pada menit ke-81.

Tapi, secara keseluruha­n, keme- nangan yang menempatka­n Indonesia di puncak klasemen grup A dengan 12 poin dari empat laga itu diraih dengan tidak mudah.

Kehilangan winger atau wide attacker Saddil Ramdani akibat cedera memang membawa pengaruh. Masuknya Todd menggantik­an M. Luthi Kamal pada menit ke-48 membawa perubahan bagi Indonesia.

Di babak kedua Indonesia mendominas­i penguasaan bola hingga 63 persen. Namun, Garuda Muda hanya mampu melesatkan tujuh tembakan. Itu pun cuma satu yang tepat sasaran. Berbeda dengan Vietnam yang melesatkan sebelas tembakan, dan tiga di antaranya on target.

”Hasil laga ini sangat penting. Banyak pelajaran yang diambil dari laga tadi,” tutur Indra. Sementara itu, pelatih Vietnam Hoang Anh Tuan tetap mengapresi­asi perjuangan anak asuhnya. Sebab, menurut dia, pasukannya pun tidak bermain jelek. ”Indonesia meraih 12 poin, Thailand 10, kami 7. Kami akan belajar dari kesalahan dan berusaha maksimal di laga terakhir agar lolos semifinal,” ucap Hoang Anh Tuan.

Di laga lainnya, Thailand pesta lima gol tanpa balas ke gawang Filipina. Thailand juga menjadi tim yang belum pernah kebobolan hingga di pertanding­an keempat. Selain itu, Laos menundukka­n Singapura 5-0.

 ?? SERGEI ILNITSKY/EPA-EFE ?? SET PIECE: Selebrasi Harry Maguire (kiri) dan Harry Kane dalam laga melawan Swedia di Samara tadi malam WIB.
SERGEI ILNITSKY/EPA-EFE SET PIECE: Selebrasi Harry Maguire (kiri) dan Harry Kane dalam laga melawan Swedia di Samara tadi malam WIB.
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? PENENTU: M. Rafli Mursalim (kiri) setelah membobol gawang Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, tadi malam WIB.
GALIH COKRO/JAWA POS PENENTU: M. Rafli Mursalim (kiri) setelah membobol gawang Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, tadi malam WIB.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia