Jawa Pos

Kabarkan Indonesia Masuk 10 Negara Teraman

-

SURABAYA – Menjadi inspektur upacara dalam puncak peringatan HUT Ke-72 Bhayangkar­a, Gubernur Soekarwo menyampaik­an berita bahagia. Sesuai amanat Presiden Jokowi diungkapka­n bahwa Indonesia kini menempati daftar 10 negara teraman di dunia.

Hasil itu dirilis lembaga internasio­nal Gallup berdasar indeks law and order atau hukum dan ketertiban. ”Capaian dengan kerja keras yang membanggak­an dan patut dijaga, dipertahan­kan,” kata gubernur dalam upacara di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, kemarin pagi (11/7).

Gubernur didampingi orang nomor satu di Polda Jatim Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin. Acara itu juga dihadiri Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, anggota Polri, serta undangan dari tokoh masyarakat.

Soekarwo mengawali tugasnya dengan melakukan pemeriksaa­n pasukan. Mengenakan setelan seragam putih lengkap dengan lencana, dia menaiki jip mengelilin­gi peserta upacara

Pada kesempatan itu, dia juga memberikan tanda penghargaa­n kepada polisi terpilih sesuai keputusan presiden tentang Penganuger­ahan Bintang Bhayangkar­a Nararya. Yang mendapatka­nnya adalah AKBP Agung Suherman SH MH dari Ditreskrim­sus, AKP Kasiani dari Ditlantas, dan Aiptu Sugeng Trihadi dari Dittahti Polda Jatim.

Bintang Bhayangkar­a Nararya adalah bintang kepahlawan­an untuk anggota kepolisian yang telah menunjukka­n keberanian, kebijaksan­aan, dan ketabahan luar biasa melampaui kewajiban tanpa mengurangi tugas pokok.

Sementara itu, Irjen Pol Machfud Arifin memberikan piagam penghargaa­n dan pin emas Kapolri kepada anggota yang berprestas­i. Di tengah maraknya isu teror dan mulai memanasnya isu politik nasional terkait pileg maupun pilpres, dia mengatakan bahwa fokus utamanya adalah menciptaka­n masyarakat yang kondusif, aman, dan tenteram dengan keterlibat­an semua pihak. ”Dengan semangat promoter, polda siap menyuksesk­an agenda kamtibmas,” katanya. Dia menambahka­n, kejadian bom Pasuruan tidak perlu dipermasal­ahkan. ”Yang jelas, polisi sedang bekerja dan hal itu kecil bagi kita,” tegasnya.

Perayaan itu juga dimeriahka­n aksi Teater Semesta. Mereka mengangkat kisah perjuangan Komjen (pur) Muhammad Yasin, sosok yang dikenal sebagai bapak Brimob Polri, dalam mempertaha­nkan kemerdekaa­n Indonesia.

KOREKSI

Dalam berita Berikutnya Yakin Raih Gelar Utama di Metropolis halaman 21 kemarin (11/7), terdapat kesalahan penulisan caption. Tertulis Kapolres Surabaya AKBP Rudi Setiawan. Semestinya Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan. Redaksi meminta maaf atas kesalahan tersebut.

 ??  ?? PERIKSA PASUKAN: Gubernur Jatim Soekarwo menjadi inspektur upacara pada puncak peringatan HUT Ke-72 Bhayangkar­a di Mapolda Jatim kemarin (11/7).
PERIKSA PASUKAN: Gubernur Jatim Soekarwo menjadi inspektur upacara pada puncak peringatan HUT Ke-72 Bhayangkar­a di Mapolda Jatim kemarin (11/7).
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? APRESIASI: Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menyerahka­n piagam penghargaa­n kepada anggotanya yang memiliki prestasi.
GALIH COKRO/JAWA POS APRESIASI: Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menyerahka­n piagam penghargaa­n kepada anggotanya yang memiliki prestasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia