Jawa Pos

Realisasi Pajak di Bawah 50 Persen

-

SIDOARJO – Pajak merupakan salah satu pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD). Idealnya, pada semester I (Januari–Juni), pajak daerah itu bisa mencapai 50 persen. Namun, di Sidoarjo realisasin­ya baru 47 persen. Kalangan DPRD pun memberi warning ke badan pelayanan pajak daerah (BPPD).

Berdasar data yang diterima Komisi B DPRD Sidoarjo, penerimaan pajak daerah selama Januari–Juni baru sekitar Rp 409 miliar. Padahal, target dalam setahun bisa mencapai Rp 868 miliar. ”Melihat realisasi penerimaan pajak ini, mau tidak mau, BPPD harus bekerja lebih ekstra,” kata Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo Bambang Pujianto.

Dia berharap BPPD harus jemput bola. Sebab, dari daftar beberapa pajak daerah, yang realisasin­ya paling rendah ialah pajak bumi bangunan (PBB) dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). ”Padahal, dua pajak tersebut merupakan andalan dan memiliki kontribusi besar dalam PAD,” ucapnya.

Di luar pajak penerangan jalan (PPJ), penerimaan PBB dan BPHTB memang dipatok sangat besar. PBB tahun ini dipatok di angka Rp 204 miliar. Tetapi, hingga Juni, yang terealisas­i baru Rp 77,4 miliar (selengkapn­ya lihat grafis).

Komisi B menyebutka­n, realisasi semester I itu tidak realistis. Seharusnya, paling tidak realisasin­ya separo dari target atau 50 persen. Sebab, datanya sudah sangat jelas. ”Karena itu, harus ada langkah proaktif dan inovatif. Misalnya, membuka layanan pajak di wilayah-wilayah perumahan untuk dekat dengan wajib pajak,” ujar Bambang.

JENIS PENDAPATAN TARGET REALISASI PERSENTASE JENIS PENDAPATAN TARGET REALISASI PERSENTASE

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BELUM OPTIMAL: Pajak bumi dan bangunan (PBB) menjadi penyumbang tiga terbesar PAD. Tahun ini pemkab mematok target Rp 204 miliar. Namun, pada semester I baru tercapai Rp 77,42 miliar.
BOY SLAMET/JAWA POS BELUM OPTIMAL: Pajak bumi dan bangunan (PBB) menjadi penyumbang tiga terbesar PAD. Tahun ini pemkab mematok target Rp 204 miliar. Namun, pada semester I baru tercapai Rp 77,42 miliar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia