Jawa Pos

Belajar dari Sisi Positif Lebah

-

SIDOARJO – Sebagian besar sekolah mulai masuk tahun pelajaran baru pada pekan depan. Namun, ada sejumlah sekolah yang sudah aktif. Di antaranya, SD Islam Al Azhar 52 Sidoarjo. Sejak Senin (9/7), para anak didik sudah masuk. Namun, aktivitas hari pertama diisi dengan pengenalan lingkungan sekolah dan ikrar penyambuta­n siswa.

”Pengenalan tersebut puncaknya hari ini (kemarin, Red). Para siswa baru diajak bermain games edukatif. Rangkaian acara pengenalan tersebut bertema bee (lebah),” kata Kepala SD Islam Al Azhar 52 Sidoarjo Rahayu Elfiyanti.

Menurut Rahayu, ada tiga agenda besar dalam kegiatan tersebut. Di antaranya, cooking class. Mereka membuat honey bee sandwich. Ada pula pembuatan scrapbook.

Yang paling seru, 50 siswa baru diajak bermain empat jenis games outdoor. Ada games sengat lebah, bee train, sprint bee, dan nectar hunter. ”Tujuannya ini biar anak-anak senang ke sekolah biar mereka lebih akrab dengan teman-teman barunya,” tambahnya.

Rahayu mengatakan, anak-anak masih dalam masa transisi. Dari lingkungan TK ke SD. Masa itu tentu menjadi media penyesuaia­n mereka. Nah, tahap transisi itu dikemas dengan fun. Apalagi mood mereka masih mood

liburan lantaran habis libur panjang. ”Tema lebah diambil biar bisa meniru sisi positif lebah. Seperti teamwork,

peduli, cinta keluarga, dan memberi hal manis,” paparnya.

Dengan beragam games, anak-anak sangat menikmati. Bahkan, mereka senang berada di sekolah. Bahkan, semua siswa berani sendiri tanpa harus didampingi orang tua. ”Setelah ini, baru belajar di kelas,” ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia