Jawa Pos

Gus Ipul Ucapkan Selamat untuk Khofifah-Emil

-

SURABAYA – Cagub Saifullah Yusuf menyampaik­an sikap akhir atas seluruh tahapan pilgub Jatim. Setelah memutuskan tidak menggugat hasil rekapitula­si, cagub nomor urut 2 itu memberikan ucapan selamat kepada duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Meski gagal menjadi pemenang, Saifullah mengaku bangga. Sebab, bersama Puti Guntur Soekarno, dia bisa mengusung politik nilai dalam kontestasi pilgub Jatim kali ini. ”Kami bahagia karena bisa menjalanka­n amanah para ulama,” kata Saifullah di Surabaya kemarin.

Menurut dia, salah satu semangat bersama para kiai dalam pilgub Jatim adalah merajut persatuan pasca panasnya kontestasi pilgub di DKI Jakarta. Karena itulah, dia mengganden­g PKB, PDIP, PKS, dan Gerindra dalam pencalonan­nya. ”Semangatny­a mempersatu­kan dan bisa jadi inspirasi. Di tempat lain, koalisi ini tak bisa. Tapi di Jatim, atas perintah kiai, ternyata bisa terwujud,” katanya.

Semangat itu, kata Gus Ipul, mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Jatim. Buktinya, dia bersama Puti masih bisa meraih dukungan lebih dari 9 juta warga Jatim. ”Terus terang, kami tak memberi apa-apa. Baik sembako, uang, atau program pemerintah. Tapi, sambutanny­a luar biasa,” kata pria yang juga Wagub Jatim itu.

Gus Ipul (sapaan akrab Saifullah) juga mengungkap alasannya baru memberikan pernyataan resmi sehari setelah batas akhir gugatan ke MK. Dia menegaskan, atas masukan ulama-kiai, dia sepakat tidak mengajukan gugatan. ”Meskipun, kita tahu ada banyak catatan maupun pelanggara­n,” katanya.

Meski tak menggugat, Gus Ipul menyebut bahwa catatan-catatan itu akan diungkapka­n pada waktunya. ”Yang paling penting adalah (menciptaka­n) Jatim kondusif. Masyarakat segera bisa berpartisi­pasi dalam pembanguna­n,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Saifullah menyampaik­an selamat kepada rivalnya dalam pilgub Jatim, yakni duet Khofifah-Emil yang telah ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak. ”Kami ucapkan selamat bekerja. Semoga harapan warga Jatim bisa diwujudkan dalam lima tahun ke depan. Semoga Jatim yang sudah kondusif dan aman bisa terpelihar­a dan bahkan bisa makin baik,” katanya.

Berdasar hasil rapat pleno rekapitula­si penghitung­an suara pilgub Jatim tingkat provinsi pada 7 Juli lalu, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil E. Dardak ditetapkan sebagai paslon peraih suara terbanyak dengan perolehan 10.465.218 suara (53,55 persen). Mereka unggul atas duet Saifullah Yusuf-Puti Guntur yang meraih 9.076.014 suara (46,45 persen).

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? LEGAWA: Di hadapan wartawan, Saifullah Yusuf memberikan ucapan selamat kepada Khofifah-Emil di Kauman Cafe, Surabaya, kemarin (12/7).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS LEGAWA: Di hadapan wartawan, Saifullah Yusuf memberikan ucapan selamat kepada Khofifah-Emil di Kauman Cafe, Surabaya, kemarin (12/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia