Jawa Pos

Bergetar 10 Detik, Ternyata Katingan Gempa

Kali Pertama dalam Beberapa Dekade Terakhir

-

KATINGAN – Masyarakat Kabupaten Katingan dan Palangka Raya dibuat terkejut. Tidak disangka, getaran sekitar 10 detik itu merupakan bencana alam. Kalteng diguncang gempa 4,2 skala Richter (SR).

Gempa di kedalaman hanya 5,0 km itu dirasakan warga Katingan hingga Palangka Raya Kamis (12/7) pukul 13.45 WIB. Bahkan, di Kota Kasongan, getaran sekitar 10 detik tersebut mengakibat­kan gedung Bank Kalteng Kasongan retak.

Awalnya, getaran tersebut tidak disadari sebagian besar masyarakat. Banyak yang menduga getaran itu disebabkan alat berat melintas di jalan raya. Namun, ketika diperiksa, tak ada satu pun alat berat atau kendaraan besar yang melintas. Sebagian warga yang merasakan getaran ketakutan dan langsung keluar dari rumah untuk mencari penyebabny­a.

Belum ada informasi dari Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) hingga petang. Tapi, Sekda Kabupaten Katingan Nikodemus sudah mendapat laporan dari pejabat kecamatan hingga desa di Katingan yang merasakan getaran gempa tersebut.

’’Laporan yang kita terima yang kena getaran dan merasakan getarannya itu mulai Kecamatan Tasik Payawan, Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, dan Kecamatan Katingan Tengah,’’ kata Nikodemus kepada Kalteng Pos (Jawa Pos Group) sekitar pukul 15.00 WIB.

Dia mengaku, sepengetah­uannya, peristiwa seperti itu baru kali pertama terjadi di Kabupaten Katingan. Bahkan, dia tidak pernah mendengar bahwa wilayah Kabupaten Katingan yang terletak di tengah-tengah Provinsi Kalimantan Tengah diguncang gempa.

Sementara itu, sampai pukul 17.00 WIB, Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah Kabupaten Katingan Icing membeberka­n, pihaknya berkoordin­asi dengan BMKG Palangka Raya terkait dengan getaran tersebut. Dari keterangan Icing, pihak BMKG Palangka Raya rupanya tidak memiliki alat untuk mendeteksi gempa bumi.

’’Katanya (pihak BMKG) alat untuk mendeteksi getaran itu hanya ada di Balikpapan. Lalu, ketika dilakukan pengecekan melalui Balikpapan, getaran itu pun tidak terdeteksi,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia