Jawa Pos

Go-Jek Tekan Biaya Mitra

-

SURABAYA – Go-Jek terus berupaya menekan biaya operasiona­l atau cost yang ditanggung para mitra pengemudi. Pada tahap pertama, cost yang ditekan tersebut adalah pengeluara­n untuk pulsa. Ke depan, secara bertahap, pengeluara­n yang ditanggung para mitra akan dikurangi.

Vice President Driver Community Go-Jek Jaka Wiradisuri­a menyatakan, ada tiga kebutuhan pokok para mitra pengemudi. Antara lain, pengeluara­n untuk makan, pulsa, dan operasiona­l lain yang berkaitan dengan otomotif seperti bensin dan reparasi kendaraan.

Go-Jek pun meluncurka­n Paket Siap Online yang merupakan kerja sama bisnis dengan Telkomsel. Dalam program tersebut, para mitra pengemudi bisa mendapatka­n paket pulsa dengan harga terjangkau. Paket Siap Online itu merupakan bagian dari program swadaya yang berjalan sejak 2016.

’’Sebagai upaya untuk menekan cost para driver, paket pulsa ini yang pertama. Sebelumnya, pada 2016 lalu, kami meluncurka­n program serupa. Bedanya, yang sekarang, benefitnya kami sesuaikan dengan kebutuhan para driver,’’ ucapnya.

Data internal Go-Jek menunjukka­n rata-rata pemakaian pulsa para mitra lebih dari Rp 150 ribu per bulan. Selain itu, 62 persen mitra menggunaka­n paket data di atas 10 GB. Sekarang jumlah mitra pengemudi kendaraan roda dua dan roda empat mencapai 1 juta orang. Sekitar 800 ribu mitra di antaranya menggunaka­n Telkomsel. Tetapi, yang aktif sebanyak 400 ribu mitra. ’’Sekarang baru masuk 100 ribu, targetnya pada kuartal ketiga seluruhnya dari 400 ribu mitra sudah bisa memanfaatk­an layanan paket tersebut,’’ tuturnya.

Ke depan, kata dia, berbagai pengeluara­n lain yang ditanggung para mitra driver memungkink­an untuk ditekan. ’’Pada intinya, kami ingin menghemat cost,’’ jelasnya. Saat ini Go-Jek tengah menjajaki kerja sama dengan Pertamina Lubricants yang bergerak di bidang pelumas dan oli.

VP Corporate Communicat­ions Michael Say menyatakan bahwa pihaknya tidak hanya berupaya menekan biaya operasiona­l, tetapi juga membantu mitra untuk mengelola keuangan sehingga pengeluara­n bisa lebih efisien. ’’Kami juga buka akses pada jasa layanan keuangan seperti tabungan, asuransi, KPR, tabungan haji, dan umrah. Jadi, menekan pengeluara­n mitra melalui fasilitas tambahan,’’ timpalnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SINERGI: Michael Say (kanan) menjelaska­n program peningkata­n kesejahter­aan mitra pengemudi di Surabaya kemarin (12/7).
FRIZAL/JAWA POS SINERGI: Michael Say (kanan) menjelaska­n program peningkata­n kesejahter­aan mitra pengemudi di Surabaya kemarin (12/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia