Jawa Pos

Varian Hybrid Ramaikan Segmen Middle Class

-

DI kelas skutik harga menengah, belum ada yang mampu mengusik dominasi Yamaha N-Max. Hingga semester I 2018, N-Max memimpin skutik di kelasnya dengan penjualan 199.862 unit. Pesaing terdekat, yakni Honda PCX 150, membayangi dengan penjualan 72.411 unit. Namun, Honda berusaha memberikan warna berbeda dengan menghadirk­an varian hybrid.

Honda PCX Hybrid resmi diluncurka­n pertengaha­n April 2018. PT Astra Honda Motor (AHM) belum merilis harga resmi. Hanya memberikan estimasi, yakni sekitar Rp 40 jutaan. ’’Kami akan informasik­an sekitar Juli atau Agustus 2018 ini,’’ ujar Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya.

Menurut Thomas, respons konsumen terhadap produk yang mengusung mesin berkapasit­as 149,3 cc ditambah sebuah motor assist (motor listrik) bertenaga 1,9 PS itu cukup baik. Terbukti, hingga kini sudah lebih dari 100 konsumen yang memesan produk tersebut. ’’Memang tidak mudah mengedukas­ikan motor ini kepada konsumen. Tetapi, kami harus mencoba terus agar masyarakat menjadi lebih dekat dengan teknologi yang kami tawarkan pada PCX Hybrid ini,’’ jelas Thomas.

Dibandingk­an dengan PCX bermesin konvension­al, PCX Hybrid dibanderol lebih mahal. Skutik bermesin bensin yang sekarang dijual mulai Rp 27,7 juta hingga Rp 30,7 juta untuk versi ABS.

Di tengah persaingan seru Honda dan Yamaha, nama Suzuki banyak ditunggu. Sebab, hingga kini pabrikan itu belum memiliki produk skutik premium yang diturunkan untuk pasar Indonesia. Namun, Suzuki menyatakan bukan tidak memantau pasar yang tengah potensial tersebut. Di India, Suzuki sudah merilis skutik bongsor Burgman Street.

Nah, mencoba tes respons konsumen, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek Suzuki di Indonesia berniat membawa produk tersebut untuk dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia Internasio­nal Motor Show (GIIAS) 2018. ’’Sudah ada persiapan. Kalau dilihat, market premium itu seksi sekarang. Jumlahnya bertumbuh. Tetapi, apa sekarang saat yang tepat untuk masuk? Karena hitunganny­a bukan hanya itu,’’ ujar Manager Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Banggas Pardede.

Banggas mengatakan tidak khawatir Suzuki sedikit menunda masuk ke skutik kelas menengah atas. Berkaca pada peluncuran GSX yang menyodok di tengah persaingan Honda CBR150 dan Yamaha R15, Suzuki cukup sukses dengan strategi tersebut. ’’Yang jelas, semua tempat yang ada keramaian itulah di mana waktu yang tepat untuk produk baru,’’ jelasnya.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? WARNA BERBEDA: Honda PCX Hybrid resmi diluncurka­n pertengaha­n April 2018.
MUHAMAD ALI/JAWA POS WARNA BERBEDA: Honda PCX Hybrid resmi diluncurka­n pertengaha­n April 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia