Jawa Pos

Komedi Terjaga

Kulari ke Pantai Bukan Cuma untuk Anak

-

Hahaha)

Jika bicara tentang genre film anak dan keluarga, Miles Films punya portofolio luar biasa. Tahun ini dynamic duo Mira Lesmana dan Riri Riza menghadirk­an karya terbaru mereka, Kulari ke Pantai. Lagi-lagi, mereka berhasil membuat penonton menikmati setiap adegan.

MIRA Lesmana dan Riri Riza menyuguhka­n cerita Kulari ke Pantai dalam konsep cerita perjalanan. Film dibuka dengan Sam (Maisha Kanna), bocah perempuan asal Rote, NTT, yang gembira menyambut liburan sekolah. Penonton ikut merasakan excited-nya Sam menyusun road trip berdua dengan sang ibu, Uci (Marsha Timothy). Start dari Jakarta, mereka menyusuri Pulau Jawa menuju G-Land, pantai indah di Banyuwangi, tempat Sam ingin bertemu dengan surfer idola.

Di pesta ulang tahun sang nenek di Jakarta, dia bertemu dengan sepupunya, Happy (Lil’li Latisha). Dua anak perempuan itu digambarka­n punya karakter yang jauh berbeda. Sam berjiwa petualang, punya hobi surfing, tomboi, dan senang menikmati alam. Happy tipikal anak kota yang memperhati­kan penampilan dan erat dengan gawai.

Rencana Sam untuk road trip berdua saja dengan Mama Uci ”gagal”. Ibu Happy meminta Happy ikut dalam perjalanan itu agar bisa lebih menghargai Sam. Lalu, petualanga­n pun dimulai. Bertiga, mereka naik mobil ”si pintu biru” yang dikemudika­n Mama Uci.

Sepanjang film, penonton serasa ikut menjadi penumpang tak terlihat di mobil itu. Ikut menikmati perjalanan menyusuri Cirebon, Temanggung, Pacitan, Blitar, Probolingg­o, hingga Banyuwangi. Menikmati pemandanga­n yang luar biasa indah di tiap destinasi, tertawa riang sambil bernyanyi, hingga masuk dalam konflik Sam dan Happy.

Sutradara bisa banget mencari lokasi yang tidak hanya indah untuk dikunjungi, tapi juga menggiurka­n di kamera. Kulari ke Pantai merupakan tontonan yang menyenangk­an dan bisa dinikmati segala usia.

Unsur komedinya juga renyah. ”Dari awal, saya sudah berekspekt­asi pasti film itu menyenangk­an. Tapi, yang tidak disangka adalah komedi yang terjaga dari awal sampai akhir,” ungkap Ernest Prakasa. Menurut komika dan filmmaker tersebut, keterlibat­an Arie Kriting sebagai penulis skenario (bersama Mira, Riri, dan Gina S. Noer) sangat terasa. Kelucuan itu terutama ditampilka­n lewat karakter Mukhidi (Dodit Mulyanto) dan Dani (Suku_Dani).

Dani merupakan bule Papua yang menjadi scene-stealer dan membuat mayoritas penonton tiba-tiba berlogat Papua saat keluar dari bioskop. Akting Maisha dan Lil juga layak mendapat pujian. Sebagai pendatang baru, mereka berhasil membawakan peran dan skrip. ”Ini prestasi Mas Riri dan Mbak Mira yang kembali berhasil menemukan bakat baru dan mengasahny­a hingga jadi lead dengan akting yang sangat baik,” puji sutradara Susah Sinyal yang kini menggarap film Milly & Mamet itu.

Penyelesai­an Konflik yang Rapi UNSUR penting yang membuat film hidup adalah adegan lucu. Walaupun Kulari ke Pantai bukan film komedi, kelucuan tetap ada. Baik dalam bentuk dialog, situasi, maupun adegan.

Kelucuan itu pun bisa kena ke semua lapisan usia. Penonton dewasa diberi ruang untuk tergelak di bagian-bagian yang menampilka­n para komika. Film itu tak sekadar memaparkan konflik. Penyelesai­an konflik pun dibungkus cantik. Dialog yang singkat tapi penuh arti dari tim penulis skenario membuat ending semakin berkesan.

”Ceritanya dikemas rapi, nyambung, dan lucu,” komentar Chand Parwez Servia, produser Starvision dan ketua umun Badan Perfilman Indonesia. Dia menambahka­n, Kulari ke Pantai berani mengeksplo­rasi tema traveling dan menyisipka­n nilai kekeluarga­an di dalamnya.

Menurut dia, tidak mudah menggabung­kan dua tema besar itu. Selama ini, kekeluarga­an sering kali hanya berpusat di rumah atau lingkup yang kecil. ”Film itu menawarkan nilai kekeluarga­an dengan cara yang asyik,” papar Parwez.

 ?? MILES FILM FOR JAWA POS ?? BEDA KARAKTER: Maisha Kanna (kiri) berperan sebagai Sam dan Lil’Li Latisha (kanan) memerankan Happy.
MILES FILM FOR JAWA POS BEDA KARAKTER: Maisha Kanna (kiri) berperan sebagai Sam dan Lil’Li Latisha (kanan) memerankan Happy.
 ?? MILES FILM FOR JAWA POS ?? SEPARO PERJALANAN: Dari kanan, Marsha Timothy, Maisha Kanna, dan Lil’Li Latisha beristirah­at di homestay di Temanggung.
MILES FILM FOR JAWA POS SEPARO PERJALANAN: Dari kanan, Marsha Timothy, Maisha Kanna, dan Lil’Li Latisha beristirah­at di homestay di Temanggung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia