Jawa Pos

Nge-Boo Vida, tapi Dukung Kroasia

-

BANYAK fans Rusia di Luzhniki Stadium kemarin yang gemas terhadap bek tengah Kroasia Domagoj Vida. Betapa tidak, pemain 29 tahun tersebut dianggap membawa-bawa urusan politik yang sangat sensitif ke arena sepak bola.

Setelah kemenangan atas Rusia pada partai perempat final (7/7), Vida tampil dalam sebuah video. Di dalam video itu, dia mengatakan bahwa victory tersebut dipersemba­hkan untuk Ukraina. Tentu saja, orang Rusia sangat peka dengan hal itu.

Hubungan Rusia dan Ukraina sedang renggang. Terutama sejak Moskow mengambil alih Crimea pada 2014. Banyak yang menyebutka­n bahwa pemerintah­an Presiden Vladimir Putin berada di belakang separatis yang beraksi di wilayah Ukraina bagian timur.

Awalnya, penonton di Luzhniki Stadium tidak memedulika­n atau tidak ingat ucapan kontrovers­ial Vida. Namun, pada tengah babak pertama, tiba-tiba siulan dan teriakan booo terus menggema saat Vida menguasai bola. Memang, pertanding­annya adalah Inggris melawan Kroasia. Namun, bisa disebut bahwa penonton terbesar dalam game kemarin adalah warga Rusia. Bahkan, banyak suporter Inggris yang sampai bingung kenapa Vida yang di-boo.

Dimitry Solokov, seorang fans Rusia asal Moskow, menuturkan bahwa ucapan Vida seperti memantik api. Dia menganggap bek Besiktas tersebut tidak sensitif terhadap perasaan rakyat Rusia.

Meski begitu, Solokov yang merupakan fans fanatik Lokomotiv Moscow itu masih mendukung Kroasia. Ada dua alasan. Pertama, dia tidak suka Inggris. Kedua, Kroasia masih terhitung bangsa Slavic. Jadi ya, masih serumpun dengan mayoritas penduduk Rusia.

’’Saya bisa mengerti Vida mengucapka­n itu. Dia adalah pemain Dynamo Kiev selama lima tahun (2013–2018),’’ kata Solokov kepada Jawa Pos di Luzhniki Stadium. ’’Namun, saya suka Kroasia karena salah satunya ada (Vedran) Corluka. Dia pemain Lokomotiv. Saat juara musim lalu, kontribusi­nya luar biasa,’’ imbuhnya.

 ?? ANGGER BONDAN/ JAWA POS ?? secara mental, dia akan makin tenang dan dewasa.
Memang, tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan ini. Semuanya bisa terjadi. Asalkan, kita tekun bekerja keras, terus berusaha, dan memiliki sikap positif seperti yang telah ditunjukka­n Trippier....
ANGGER BONDAN/ JAWA POS secara mental, dia akan makin tenang dan dewasa. Memang, tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan ini. Semuanya bisa terjadi. Asalkan, kita tekun bekerja keras, terus berusaha, dan memiliki sikap positif seperti yang telah ditunjukka­n Trippier....
 ?? ANGGER BONDAN/ JAWA POS ?? WAG’s (wives and girlfriend­s) timnas Inggris selalu setia memberikan dukungan di tribun. Yang hadir kemarin, antara lain, keluarga Kyle Walker, Kieran Trippier, James Vardy, Ashley Young, dan pelatih Gareth Southgate. Ada juga kekasih Dele Alli, Harry...
ANGGER BONDAN/ JAWA POS WAG’s (wives and girlfriend­s) timnas Inggris selalu setia memberikan dukungan di tribun. Yang hadir kemarin, antara lain, keluarga Kyle Walker, Kieran Trippier, James Vardy, Ashley Young, dan pelatih Gareth Southgate. Ada juga kekasih Dele Alli, Harry...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia