Jawa Pos

Garuda Persiapkan 14 Pesawat Haji

-

JAKARTA – Garuda Indonesia sudah menyiapkan 14 pesawat dan puluhan mekanik untuk memastikan penerbanga­n haji tahun ini berjalan lancar. Terdiri atas 10 pesawat berbadan lebar (wide body) milik Garuda sendiri dan 4 lainnya menyewa.

Dirut PT Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury menyatakan, 10 pesawat milik Garuda adalah jenis Boeing 777-300 ER sebanyak 5 unit dan Airbus A330 sebanyak 5 unit. Sisanya adalah 3 pesawat Boeing 747-400 dan 1 Airbus A330 yang disewa dari maskapai Wamos dan Flynas.

Penerbanga­n kloter (kelompok terbang) pertama rencananya berlangsun­g pada Selasa pekan depan (17/7). Sebanyak 107 ribu jamaah bakal diterbangk­an secara bertahap melalui 278 kloter.

”Kurang lebih akan ada 227 penerbanga­n yang akan kita lakukan selama musim haji,” jelas Pahala selepas kickoff pelayanan penerbanga­n haji di Bandara Soekarno-Hatta kemarin (12/7).

Untuk mendukung operasiona­l tersebut, Pahala mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan 89 mekanik yang disebar di 13 embarkasi di seluruh Indonesia. Juga, ada dukungan 540 awak kabin. ”Mereka akan bekerja 24 jam sehari untuk menjamin kenyamanan dan kelancaran operasi penerbanga­n,” katanya.

Sementara itu, bandara baru di Jawa Barat, Kertajati, belum bisa digunakan untuk embarkasi utama haji. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Ahda Barori mengatakan bahwa ada beberapa prasyarat yang belum dipenuhi bandara yang berlokasi di Majalengka tersebut.

Di antaranya adalah di dekat Kertajati belum ada asrama haji untuk menampung jamaah. ”Selain itu, landasan pacunya masih 2.500 meter,” katanya.

Kertajati akan tetap difungsika­n, hanya sebagai embarkasi antara. Calon jamaah haji (CJH) dari Jawa Barat dan sekitarnya akan diangkut ke Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian dioper ke pesawat yang akan terbang ke Makkah.

Sementara itu, Kementeria­n Agama (Kemenag) mulai tahun ini membuka kesempatan pelimpahan bagi CJH yang meninggal dunia. Jika ada CJH nomor porsi berangkat tahun ini, kemudian meninggal, ahli warisnya bisa menggantik­an.

Kasubdit Pendaftara­n dan Pembatalan Haji Reguler Kemenag Noer Alya Fitra mengatakan, data sampai 11 Juli menyebutka­n, ada 252 pengajuan pelimpahan kursi CJH.(tau/wan/c10/ttg)

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? SIAP BERTUGAS: Dari kiri, Ahda Barori, Pahala N. Marsury, dan Ditjen Perhubunga­n Udara Kemenhub Praminto Hadi Sukarno meninjau pesawat Boeing 777-300 ER di Bandara Soekarno-Hatta kemarin.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS SIAP BERTUGAS: Dari kiri, Ahda Barori, Pahala N. Marsury, dan Ditjen Perhubunga­n Udara Kemenhub Praminto Hadi Sukarno meninjau pesawat Boeing 777-300 ER di Bandara Soekarno-Hatta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia