Jawa Pos

Gaji Ke-13 PNS Pemkot Belum Cair

-

SURABAYA – Pegawai negeri sipil (PNS) Surabaya belum menerima gaji ke-13 seperti PNS kota dan kabupaten lain. Padahal, Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) menginstru­ksikan gaji itu dicairkan pada pekan pertama Juli.

Salah satu PNS yang tak mau menyebutka­n namanya mengatakan, gaji ke-13 sangat ditunggu. Hal itu pun menjadi rasan-rasan di kalangan PNS di dinasnya. ”Terutama PNS yang anaknya mau sekolah. Karena ini tahun pelajaran baru,” kata dia.

Sebelumnya, tunjangan hari raya (THR) pemkot juga sempat dipermasal­ahkan. Namun, permasalah­an tersebut akhirnya tuntas. Tunjangan itu cair tanpa tambahan tunjangan kinerja.

Terdapat 14.432 PNS yang kini menunggu pencairan gaji ke-13. Beberapa orang sudah tahu tentang surat edaran Mendagri 30 Mei lalu. Isi surat itu memerintah­kan pemerintah daerah untuk mencairkan gaji ke-13 pada pekan pertama Juli.

Besaran gaji tersebut meliputi sejumlah komponen. Yakni, gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan penghasila­n atau tunjangan kinerja. Gaji tersebut dibayar dengan APBD.

Ketua DPRD Surabaya Armuji mempertany­akan sikap pemkot. Dia kecewa karena permasalah­an gaji dan tunjangan kembali mencuat. Sebelum Lebaran lalu, Armuji ditelepon pihak Kemendagri tentang sikap pemkot yang tidak mau menaati instruksi pemerintah pusat soal THR.

”Saiki gaji ke-13, lapo maneh? Mosok dirapel tahun ngarep (Sekarang gaji ke-13, kenapa lagi? Masak dirapel tahun depan, Red)?” jelas politikus PDIP tersebut.

Armuji menerangka­n, anggaran tersebut sudah diinstruks­ikan oleh pemerintah pusat. Selain itu, pencairann­ya tidak mungkin menjadi temuan. Karena itu, dia mempertany­akan sikap pemkot. ”Padahal, yo gak melu duwe duit (padahal, ya tidak ikut punya uang, Red),” lanjut Armuji.

Sayang, Kepala Badan Pengelolaa­n Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Surabaya Yusron Sumartono tidak merepons permohonan konfirmasi mengenai masalah itu.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? SABAR MENUNGGU: PNS pemkot di depan balai kota.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS SABAR MENUNGGU: PNS pemkot di depan balai kota.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia