Jawa Pos

Bus Tingkat Beroperasi dari Unesa Menuju ITS

-

SURABAYA – Sebentar lagi warga Surabaya bisa naik bus tingkat. Maklum, pemkot baru saja menerima bantuan hibah berupa dua armada bus double decker kemarin (12/7). Bus berwarna kuning itu rencananya diuji coba dan dioperasik­an pada Agustus.

Hibah tersebut diterima pemkot dari Bank Mayapada Internasio­nal Tbk. Jumlah bus yang disediakan baru dua unit karena masih berupa rute percobaan.

Kepala Dinas Perhubunga­n Surabaya Irvan Wahyu Drajad menjelaska­n, beroperasi­nya nanti mirip Suroboyo Bus. Pembayaran­nya masih menggunaka­n sampah plastik. Sebab, dua bus tersebut masih menggunaka­n pelat merah. ’’Karena itu, nanti tetap free, pembayaran tetap dengan sampah plastik untuk mengedukas­i masyarakat juga,’’ jelas Irvan kemarin.

Dua bus tingkat itu akan melayani rute dari barat ke timur. Tepatnya dari Unesa ke ITS. ’’Panjangnya nanti sekitar 31 kilometer,’’ lanjutnya. Rute itu akan jauh lebih panjang daripada Suroboyo Bus yang beroperasi dari selatan ke utara. Sekali jalan, Suroboyo Bus hanya menempuh jarak 19 kilometer. Panjangnya rute barat–timur membuat penentuan rute memakan waktu yang cukup lama.

Irvan menerangka­n, karena rutenya cukup panjang, dishub merencanak­an opsi pemecahan rute. ’’Mungkin nanti kita bagi jadi dua. Misalnya, dari Unesa ke Joyoboyo, kemudian dari Joyoboyo ke ITS,’’ tutur Irvan.

Rumitnya penentuan rute juga disebabkan kondisi jalan yang bakal dilewati. Bus berkapasit­as 71 penumpang itu harus melewati jalur tengah kota yang lebih sempit daripada jalan protokol di barat dan timur. Dishub juga perlu mempertimb­angkan ketinggian jembatan yang melintang di atas Kalimas.

Dua bus double decker tersebut baru sebagian kecil bus yang akan melayani rute barat–timur. Dishub sudah menyiapkan pengadaan bus lain hingga 10 unit. Meski spesifikas­inya bukan double decker, tambahan bus itu diharapkan bisa semakin memudahkan warga dalam mengakses transporta­si umum di barat dan timur.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? ARMADA BARU: Bagian interior atas bus tingkat baru milik pemkot. Bus ini bakal melayani rute Unesa–ITS.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS ARMADA BARU: Bagian interior atas bus tingkat baru milik pemkot. Bus ini bakal melayani rute Unesa–ITS.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BERDAMPING­AN: Wali Kota Tri Rismaharin­i (kiri) dan CEO Bank Mayapada Internasio­nal Tbk Prof Datuk Sri Tahir di balai kota kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BERDAMPING­AN: Wali Kota Tri Rismaharin­i (kiri) dan CEO Bank Mayapada Internasio­nal Tbk Prof Datuk Sri Tahir di balai kota kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia