Jawa Pos

Ambil E-KTP Bisa Langsung ke Kecamatan

-

SURABAYA – Warga tidak harus datang ke Siola untuk mendapatka­n e-KTP. Sebagian e-KTP yang sudah dicetak langsung diberikan ke masing-masing kecamatan atau kantor kecamatan terdekat. Sayang, pembagian e-KTP dengan cara itu pun masih memiliki kendala. Terutama karena warga tidak melaporkan kepindahan tempat tinggal.

Kepala Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Suharto Wardoyo menerangka­n bahwa dispendukc­apil telah mengomando pembagian langsung di kecamatan. ”Ada 14 kecamatan yang melayani pemberian e-KTP jadi ini. Khususnya untuk warga yang sudah berstatus print ready record atau siap cetak,” jelasnya kemarin (12/7).

Jika kecamatan setempat tidak memiliki alat cetak tersebut, warga tetap bisa dilayani di kecamatan terdekat yang ditunjuk dispendukc­apil. Petugas kecamatan juga ditugaskan untuk mendatangi rumah warga jika e-KTP versi jadi belum kunjung diambil. Namun, sebagian warga ternyata sudah tidak tinggal di tempat yang sesuai dengan alamat KTP .

Sebagian warga ditengarai tidak tahu bahwa pengambila­n e-KTP dilayani di kecamatan. Warga umumnya mengajukan permohonan dan perekaman e-KTP di kantor layanan dispendukc­apil di Siola. Sebagian masih diminta untuk mengambil e-KTP di Siola. Namun, agar antrean tidak menumpuk, dispendukc­apil berupaya untuk membagi e-KTP melalui kecamatan-kecamatan.

Anang, sapaan akrab Suharto, mengimbau warga untuk kembali mengecek apakah e-KTP mereka sudah bisa diambil di kecamatan atau tidak. ”Bagi yang sudah lama mengurus tapi belum memegang e-KTP, bisa langsung dicari di kecamatan sesuai dengan alamat yang didaftarka­n dulu,” terangnya.

Data dispendukc­apil menunjukka­n, hingga kemarin ada 17.692 e-KTP yang telah dicetak dan didistribu­sikan ke kecamatan. Beberapa kecamatan dengan blangko e-KTP cetak terbanyak adalah Tambaksari (1.825 blangko), Kenjeran (1.616 blangko), dan Sawahan (1.598 blangko). Sementara itu, jumlah warga pemohon e-KTP dengan status print ready record mencapai 13.882 pemohon.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? MAKIN MUDAH: Petugas Dispendukc­apil Surabaya melakukan perekaman e-KTP. KTP yang sudah cetak bisa diambil di kecamatan.
DITE SURENDRA/JAWA POS MAKIN MUDAH: Petugas Dispendukc­apil Surabaya melakukan perekaman e-KTP. KTP yang sudah cetak bisa diambil di kecamatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia