Jawa Pos

Siapkan Akses dan Lokasi Parkir

-

SURABAYA – Seiring dengan rencana Pemkot Surabaya untuk merevitali­sasi kawasan Jembatan Petekan menjadi pusat wisata perahu, Pelindo III Cabang Tanjung Perak juga ingin menghidupk­an kembali kawasan Kalimas sebagai wisata marina. Salah satunya melalui pembanguna­n Petekan Riverside, sebuah area taman dan kuliner.

Kepala Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak Wilis Aji mengatakan, Petekan Riverside sudah siap dioperasio­nalkan. Pihaknya juga sudah bertemu dengan Pemkot Surabaya terkait rencana kerja sama.

Meski begitu, rencana operasiona­lisasi masih menunggu waktu. Sebab, ada sejumlah hal yang harus dilakukan. Di antaranya, membangun lokasi parkir dan membuat akses masuk ke Petekan Riverside. ”Jadi, untuk saat ini belum dioperasio­nalkan dulu,” ujarnya.

Terkait akses masuk ke Petekan Riverside, Wilis menyebutka­n, akan dibuatkan akses langsung menuju lokasi. Saat ini di lokasi yang akan menjadi akses masuk tersebut masih terdapat tembok pembatas. ”Nanti bisa dibuatkan pintunya di situ. Tapi belum, masih ditunggu dulu perencanaa­nnya seperti apa. Supaya tidak masuk lewat Pelabuhan Kalimas karena bahaya banyak truk. Lagi pula itu area pekerja, bukan area umum,” jelasnya.

Seiring dengan rencana membuat akses masuk dan area parkir tersebut, lanjut Wilis, Pemkot Surabaya juga akan membangun rumah pompa. Rumah pompa itu bakal dibangun di kawasan Kalimas. Saat ini proses persiapan terkait pembanguna­n itu sudah dilakukan. ”Lokasinya dekat dengan Petekan Riverside. Supaya di kawasan tersebut tidak banjir,” katanya.

Karena itu, rencana operasiona­l Petekan Riverside juga menunggu. Targetnya, ujar Wilis, bisa secepatnya. Petekan Riverside dibangun di kawasan Kalimas dekat dengan Jembatan Petekan. Selain taman, area seluas 1.635 meter persegi terdapat lokasi untuk area kuliner. Jika beroperasi, kawasan tersebut diharapkan bisa menjadi jujugan wisata tersendiri.

 ?? AKHMAD RIZAL/JAWA POS ?? JADI DESTINASI: Tampilan dari Jembatan Petekan Surabaya.
AKHMAD RIZAL/JAWA POS JADI DESTINASI: Tampilan dari Jembatan Petekan Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia