Jawa Pos

Dua Kebakaran karena Korsleting

-

SURABAYA – Dalam sehari dua kali si jago merah mengamuk di wilayah Surabaya Selatan kemarin (12/7). Di Kampus Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) Ketintang dan minimarket di kawasan Dukuh Kupang. Penyebabny­a adalah hubungan arus pendek listrik di sebuah komponen elektronik di bangunan tersebut.

Kebakaran pertama terjadi di Unesa Ketintang. Jarum jam saat itu menunjukka­n pukul 07.00. Beberapa mahasiswa melihat asap yang membubung tinggi. Kumpulan asap tersebut berasal dari gedung A5 fakultas matematika dan ilmu pengetahua­n alam (FMIPA). Tepatnya di ruang informatik­a.

Kabid Pembinaan dan Operasiona­l Dinas PMK Kota Bambang Vistadi menjelaska­n, kebakaran tersebut terjadi akibat hubungan arus pendek di air conditione­r (AC) ruangan itu. Ditengarai ada yang lupa mematikan AC sehingga terjadi korsleting listrik. ’’Mungkin ada yang memakai ruangan itu sehari atau malam sebelumnya dan lupa mematikan AC,’’ ucapnya.

Kebakaran kedua terjadi di Jalan Dukuh Kupang 25 kemarin. Insiden tersebut terjadi pukul 11.45. Yang terbakar adalah sebuah minimarket dua lantai. Penyebabny­a berasal dari hubungan arus pendek dari komponen listrik di lantai 2. Kondisi tersebut menimbulka­n percikan api yang menjalar hingga ke lantai 1.

Ada 11 unit mobil damkar yang diterjunka­n untuk menangani kejadian tersebut. Mobilmobil itu berasal dari pos gabungan. Si jago merah berhasil dijinakkan ketika jam menunjukka­n pukul 12.16.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS AKHMAD RIZAL/JAWA POS ?? GERAK CEPAT: Petugas damkar melakukan pembasahan di minimarket di Dukuh Kupang kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS AKHMAD RIZAL/JAWA POS GERAK CEPAT: Petugas damkar melakukan pembasahan di minimarket di Dukuh Kupang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia