Jawa Pos

Kreatif dan Tidak Ada Perpelonco­an

Kegiatan LOS Sambut Siswa Baru

-

SURABAYA – Tahun pelajaran baru tinggal menghitung hari. Senin depan (16/7), seluruh siswa serempak masuk. Bagi siswa baru, tiga hari pertama akan digunakan untuk kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Beberapa sekolah pun mempunyai inovasi tersendiri terkait dengan kegiatan penyambuta­n tersebut. Untuk jenjang SMP di Surabaya, istilah LOSlebihba­nyakdiguna­kan.

Misalnya, SMPN 22. SMP di sebelah Masjid Al Akbar tersebut mengadakan pra-LOS hari ini. Siswa baru akan diberi penjelasan mengenai aturan pakaian dan waktu pelaksanaa­n LOS. ”Kami minta untuk pakai seragam sekolah SD-nya dulu,” ujar Wakasek SMPN 22 Atim Surahman.

Berbeda dengan SMPN 22, SMPN 36 akan melakukan praLOS besok (14/7). Menurut Kepala SMPN 36 Setyowati, hari Sabtu dipilih agar para orang tua siswa bisa ikut mengantar. Orang tua juga bisa mengawasi secara langsung kegiatan pra-LOS tersebut.

Berbeda lagi SMPN 3. Sekolah di wilayah Surabaya Pusat itu menyiapkan beberapa kejutan untuk siswa barunya. Dalam pembukaan LOS, akan dilakukan pelepasan burung. Setelah itu, bakal ada kejutan. Yakni, penampilan telur besar yang menetas. ”Sebagai simbol orang-orang yang ingin mencari kehidupan baru di SMPN 3 ini,” tutur Kepala SMPN 3 Budi Hartono.

Meski terdapat macam-macam kegiatan LOS, seluruh sekolah sepakat tidak akan ada kegiatan perpelonco­an. Misalnya, pemakaian aksesori yang tak lazim atau tindak kekerasan secara fisik kepada siswa baru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia