Jawa Pos

Bangun Booster di Wage

-

SIDOARJO – Pelayanan air bersih PDAM Delta Tirta sejauh ini belum optimal. Terutama di kawasan Sidoarjo Timur. Banyak keluhan. Nah, untuk meningkatk­an pelayanan, salah satu BUMD itu akan membangun booster di wilayah Wage, Taman.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Pelayanan PDAM Delta Tirta Heru Firdausi mengatakan, pelayanan PDAM di wilayah timur memang kerap dikeluhkan. Terutama di kawasan Gedangan, Sedati, dan sekitarnya. Debit air kecil. Pasokan air minim lantaran faktor jarak instalasi pengolahan air (IPA). Lokasinya berada di Tawangsari, Taman. Untuk mengalir sampai ke Gedangan dan Sedati, air harus dipompa. ”Karena tekanan kecil, laju air lambat. Debit air mengecil,” jelasnya.

Solusinya, PDAM akan membangun booster. Lokasinya di Wage, Taman. Fungsinya sebagai tempat pengumpul air. Air dari IPA Tawangsari nanti ditampung. Setelah itu, baru dipompa menuju Gedangan dan Sedati. Untuk membangun booster, pihaknya bekerja sama dengan pengembang perumahan. Seluruh pekerjaan fisik ditangani perumahan. Setelah pekerjaan tuntas, PDAM akan mengalirka­n air.

Pjs Dirut PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao menambahka­n, kapasitas booster 1.000 liter per detik. Proyek itu akan dibangun selama dua semester. ”Pada semester pertama ini kami bangun 500 liter per detik dulu,” ucapnya.

Basit menjelaska­n, pembanguna­n booster itu merupakan rangkaian kegiatan untuk meningkata­n layanan ke pelanggan. Tahun ini PDAM juga akan berupaya menaikkan kapasitas produksi air. ”Sekarang 1.200 liter per detik. Kami akan tambah menjadi 2.500 liter per detik,” paparnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia