Jawa Pos

Penuh Kesan Positif di Malang

-

FESTIVAL Wirakarya Kampung Kelir Pramuka (FWKKP) 2018 terbukti efektif membuat pramuka dan masyarakat semakin dekat. Interaksi tersebut sangat terasa saat puncak perayaan FWKKP 2018 Zona III (Malang Raya) Rabu (11/7) lalu. Selain sukses dan meriah, event tersebut mampu memberikan dampak positif. Terutama bagi warga di Kampung Muharto gang V, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkand­ang, Malang.

Sekitar 130 rumah di kawasan tersebut kini lebih bersih. Sapuan cat warna-warni juga memberikan tampilan yang cantik dipandang. Berbagai fasilitas umum seperti tangga dan tembok jembatan juga menjadi sasaran pengecatan. Sebanyak seribu anggota pramuka penegak dari SMA/SMK se-Malang Raya terjun langsung dalam proses tersebut sejak Senin (9/7) lalu.

Kesan positif dari masyarakat terhadap FWKKP 2018 tidak hanya pengecatan. Mereka juga berterima kasih dengan diadakanny­a bakti penyuluhan dari para anggota pramuka. Dengan materi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang didukung Dinas Kesehatan (Dinkes). Penyuluhan lain yang diberikan adalah tentang materi makanan layak higienis (Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Wakil Ketua Kwarda Jatim Drs H A.R. Purmadi mengungkap­kan kebanggaan­nya atas dedikasi para pramuka. Hal itu diutarakan saat seremoni penutupan acara. Kerja keras dan kedisiplin­an mereka membuat pengecatan serta penyuluhan sukses dan tercapai tepat waktu.

”Kegiatan ini bertujuan memberi manfaat bagi semuanya. Baik peserta maupun warga yang menjadi tuan rumah. Peserta diajari hidup bermasyara­kat secara gotong royong dan belajar peduli kepada sesama,” ujar Purmadi yang juga akrab disapa Kak Pur. ”Sedangkan bagi warga, diharapkan bisa meningkatk­an hidup bersih dan sehat. Apalagi selama kegiatan, para peserta menginap di rumah warga. Harapannya akan ada proses transfer edukasi dari anak pramuka ke masyarakat, begitu sebaliknya,” lanjutnya.

Sementara itu, festival kecerdasan kembali disambut antusias para peserta FWKKP. Sebab, pada sesi tersebut mereka dapat unjuk gigi dan berkompeti­si secara sehat. Empat siswa dari empat sekolah di Kepanjen dan Turen berhasil menjadi yang terbaik. Mereka berhak mengikuti uji kecerdasan FWKKP tingkat Jawa Timur sekaligus berpeluang meraih tiket ke Thailand.

Gelaran FWKKP 2018 Zona III resmi ditutup Rabu malam. Acara penutupan itu dihadiri Waka Kwarda Jatim Drs H A.R. Purmadi dan Bambang SW, Waka Binamuda Hariadi Purwantoro, Kapolres Kota Malang diwakili Kasubbag Binops Bagops AKP Djoko Purwantoro SH, anggota DPRD Komisi E Provinsi Jawa Timur Gunawan HS SH MHum dan Agus Dono Wibawanto MHum, dan Perwakilan Biro Kesos Provinsi Jawa Timur Abdul Ghofur.

 ?? KWARDA JATIM FOR JAWA POS ?? LOLOS KE TINGKAT JATIM: Para pemenang lomba kecerdasan FWKKP 2018 Zona Malang.
KWARDA JATIM FOR JAWA POS LOLOS KE TINGKAT JATIM: Para pemenang lomba kecerdasan FWKKP 2018 Zona Malang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia