Jawa Pos

Kejar Target 39.725 Akseptor

-

SIDOARJO – Tahun ini angka partisipas­i KB diharapkan memenuhi target. Dinas Pemberdaya­an Masyarakat Desa, Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak, Keluarga Berencana (DPMDP3AKB) Sidoarjo Ali Imron menyebut angka 39.725 akseptor merupakan target yang harus dicapai. ’’Saat ini sudah 60 persen. Sekitar 23 ribu warga yang berpartisi­pasi,’’ ujarnya.

Target tersebut hanya naik dua ribu warga dari capaian tahun lalu, yakni 37.814 orang. Ali mengatakan, pihaknya tidak berani memasang target terlalu tinggi. Sebab, tahun lalu pihaknya memasang target 65.198 peserta KB. ’’Namun, realisasin­ya lebih dari separo target. Karena itu, target tahun ini tak tinggi,’’ lanjutnya.

Kasi KB Dinas PMD P3A KB Sidoarjo Miftakhul Arif menjelaska­n, kecamatan yang padat penduduk menjadi sasaran. Antara lain, Taman, Sidoarjo, dan Waru. Setiap tahun jumlah pendudukny­a terus bertambah. ’’Yang ikut KB juga bertambah,’’ ucapnya.

Misalnya, Kecamatan Taman. Pada 2016 warga yang ikut KB berjumlah 4.294 orang. Tahun berikutnya hanya 3.727 orang. Di Kecamatan Sidoarjo, tercatat ada 3.752 peserta KB pada 2016. Tahun berikutnya menjadi 3.586 orang.

Arif menuturkan, keberhasil­an program KB bukan hanya upaya pemkab. Namun, kesadaran suami memperbole­hkan istrinya untuk mengikuti program KB. ’’Kami sudah siapkan relawan. Turun sampai ke desa-desa untuk meningkatk­an partisipas­i KB ini,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia