Jawa Pos

Ajak Delegasi Asing Menari Maumere

Ubaya Tuan Rumah AUAP

-

SURABAYA – Universita­s Surabaya (Ubaya) menjadi tuan rumah penyelengg­ara konferensi Associatio­n of Universiti­es of Asia and the Pacific (AUAP) sejak Senin (9/7). Ada 26 negara yang datang. Sebagai penutup, Ubaya menyiapkan malam budaya khusus untuk 105 tamu yang hadir pada Rabu malam (11/7).

Cultural performanc­e dibuka dengan dialog perkenalan dari empat mahasiswa yang mengenakan pakaian adat Jawa. Mereka memadukan kebaya dengan kain batik. Rambut mereka pun disanggul ke atas. Sementara itu, para pria mengenakan belangkon dan baju lurik. Pada malam budaya tersebut, para tamu asing tersebut diajak menikmati suguhan adat Indonesia.

Bukan hanya satu adat, ada lima adat asli Indonesia yang dibawakan. Mahasiswa dari UKM tari membawakan tarian khas Bali, Sunda, Kalimantan, dan Sumatera. ”Kami ingin menampilka­n bahwa di Indonesia banyak sekali budaya dan perbedaan. Jadi, menghadapi perbedaan itu sudah biasa buat kita,” ungkap Rektor Ubaya Prof Ir Joniarto Parung, MMBAT, PhD.

Sebanyak 24 mahasiswa tersebut bergantian naik panggung untuk menampilka­n tarian khas. Ragam musik dan pakaian daerah berhasil menarik perhatian perwakilan dari universita­s itu. Tarian khas Sumatera, misalnya. Pakaian adat berwarna biru jadi identitas para penari. Setiap penari membawa piring di tangannya. Dengan cepat, tangan dan tubuh para penari bergerak tanpa menjatuhka­n piring. Banyak tamu yang tertegun dan berfoto saat tarian tersebut dibawakan.

Tak hanya jadi penonton pasif, para petinggi universita­s dari banyak penjuru dunia itu juga diajak mencoba tarian maumere. Bersama deretan pejabat Ubaya dan mahasiswa penari tradisiona­l, tamu-tamu diajak menari bersama. Mereka terlihat terbata-bata, tetapi sangat percaya diri mengikuti gerakan yang dicontohka­n. Mengenakan setelan jas rapi atau gaun panjang tidak menjadi halangan bagi mereka untuk menarikan tarian maumere. Seketika, main hall Hotel Novotel Samator dipenuhi penari dadakan.

”Memang kami cari tarian yang mudah ditirukan. Iramanya menggembir­akan dan semua tamu bisa berpartisi­pasi,” jelas Joniarto.

 ?? RETNO DYAH/JAWA POS ?? MALAM PENUTUPAN: Para delegasi AUAP dengan antusias ikut menari Maumere bersama mahasiswa Ubaya pada Rabu malam (11/7).
RETNO DYAH/JAWA POS MALAM PENUTUPAN: Para delegasi AUAP dengan antusias ikut menari Maumere bersama mahasiswa Ubaya pada Rabu malam (11/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia