Jawa Pos

Luhut Janjikan Bandara Kediri Proyek Strategis Nasional

-

KEDIRI – Proyek bandar udara (bandara) di Kediri merupakan proyek yang menjadi perhatian besar pemerintah pusat. Pembanguna­n bandara yang berlokasi di wilayah barat Sungai Brantas itu diproyeksi­kan menjadi proyek strategis nasional (PSN).

Penegasan tersebut disampaika­n Menteri Koordinato­r Bidang Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut menyampaik­an itu sesaat setelah bertemu dengan para kiai di Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo kemarin siang (16/7).

Luhut menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo segera melakukan penandatan­ganan bandara di Kediri menjadi PSN. ”Hari ini (kemarin, Red) atau besok (hari ini, Red) presiden akan tanda tangan terkait itu (bandara di Kediri jadi PSN, Red),” ujarnya.

Lalu seperti apa progres pembanguna­n bandara itu saat ini? Menurut Luhut, pembanguna­n bandara berjalan sesuai dengan rencana. Walaupun secara khusus ada beberapa hal teknis yang kurang, secara umum pembanguna­n bandara tidak menemukan masalah. ”Mungkin hanya soal beberapa teknis yang kurang. Lain-lain sudah klir,” ujar menteri berusia 70 tahun tersebut.

Salah satu kekurangan hal teknis itu adalah penambahan lahan untuk runway. Sebab, karena diproyeksi­kan sebagai bandara internasio­nal, runway memang butuh panjang. Problem tersebut segera diselesaik­an sebelum melangkah ke pembanguna­n fisik.

Dengan total 500 hektare lahan untuk bandara internasio­nal itu, menurut Luhut, ada perubahan arah runway agar bisa untuk masuk pesawat badan lebar ke bandara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia