Jawa Pos

Yang Penting Dapat Tanda Terima Berkas Dulu

-

DI JATIM, pendaftara­n caleg untuk DPRD provinsi sehari menjelang penutupan juga masih seret. Dari 16 parpol peserta pemilu, tercatat hanya Partai Nasdem yang telah mendaftar bacalegnya ke KPU Jatim. Artinya, 15 parpol secara serentak bakal mendaftark­an para calonnya hari ini.

Kondisi itu berpotensi membuat situasi pendaftara­n bacaleg seluruh parpol hari ini bakal padat. Sebab, selain jumlah petugas yang dimiliki KPU terbatas, meja pendaftara­n yang disiapkan KPU juga terbatas.

”Sebenarnya, kami sudah mengimbau parpol agar bisa mendaftark­an bacalegnya sejak awal pembukaan (pendaftara­n, Red). Namun, kami tetap siap dengan situasi ini,” kata Komisioner KPU Jatim Choirul Anam kemarin.

Setelah diketahui mayoritas parpol bakal mendaftar di hari terakhir, sejumlah skenario telah disiapkan KPU Jatim. Salah satunya adalah penambahan personel untuk pelayanan penerimaan berkas pendaftara­n caleg seluruh partai. ”Kami juga sudah membaginya dalam beberapa tim. Sehingga kami berharap bisa cepat,” katanya.

Potensi tidak nutut-nya proses verifikasi berkas bacaleg terhadap 15 parpol dengan dengan waktu tak sampai 24 jam memang jadi kekhawatir­an. Tak terkecuali oleh Bawaslu Jatim.

Sebab, berkaca pada proses pengecekan berkas pendaftara­n tiap parpol, waktu yang dibutuhkan tidak sedikit. ”Makanya, kami sudah berkomunik­asi dengan KPU agar ada solusi,” kata Komisioner Bawaslu Aang Kunaifi yang memantau jalannya proses pendaftara­n di kantor KPU Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia