Jawa Pos

OLLIE, SANG STRIKER PALSU

-

award.

LELUCON itu bernama Olivier Giroud. Begitu sindiran yang bertebaran di media sosial untuk striker Prancis tersebut setelah Les Bleus memenangi gelar juara dunia kali kedua. Giroud di Piala Dunia 2018 pun disamakan dengan Stephane Guivarc’h di Piala Dunia 1998 saat Prancis untuk kali pertama menjadi juara dunia.

Diposisika­n sebagai ujung tombak serangan Les Bleus, Giroud dan Guivarc’h samasama mengakhiri turnamen sepak bola empat tahunan itu tanpa gol. Bahkan, Giroud tak sekali pun mencatat tembakan ke gawang dari total 13 tembakan yang dilepaskan dalam tujuh kali penampilan­nya. Bandingkan dengan wide attacker Prancis Kylian Mbappe yang hanya butuh delapan tembakan untuk mencetak empat gol.

Jika taktik false nine sukses mengantark­an Spanyol dan Jerman memenangi Piala Dunia 2010 dan 2014, Prancis memenangi Piala Dunia 2018 karena fake striker. Ya, Giroudlah striker palsu dalam arti sesungguhn­ya. ’’Saya selalu berharap mampu menciptaka­n gol di Piala Dunia ini. Tapi, yang paling penting saya sudah membawa pulang piala itu (trofi Piala Dunia 2018),’’ ucap Giroud santai sebagaiman­a dikutip France Football.

Ollie, sapaan akrab Giroud, sejatinya menorehkan catatan bagus di Piala Dunia 2014, Piala Dunia pertamanya. Striker Chelsea tersebut membuka kemenangan 5-2 Prancis atas Swiss di fase grup. Gol itu sekaligus menjadi gol ke-100 Les Bleus sepanjang partisipas­i di turnamen mayor.

Bagi pelatih Prancis Didier Deschamps, Giroud tetap punya kontribusi penting bagi kesuksesan Les Bleus berjaya di Rusia. Khususnya sebagai pemantul bola untuk pemainpema­in di sekeliling­nya seperti Mbappe dan Antoine Griezmann. Top scorer Ligue 1 2011– 2012 itu sudah membuktika­nnya dengan assist untuk gol Mbappe ke gawang Argentina di babak 16 besar (30/6).

Di balik serangan-serangan Prancis pula, Giroud mencatat tujuh kali key passes. Blaise Matuidi, gelandang Prancis, menyebut peran Giroud di Piala Dunia 2018 semakin komplet. ’’Bukan hanya dalam skema serangan, melainkan juga saat bertahan,’’ kata Matuidi sebagaiman­a dikutip Ouest-France. Statistik mencatat, Giroud sukses melakukan 10 sapuan. Terbanyak yang dilakukan pemain lini serang Les Bleus.

Jika Giroud masih memenangi Piala Dunia 2018 meski tanpa gol, kiper Kroasia Danijel Subasic tanpa award apa pun sekalipun menorehkan empat kali penyelamat­an dalam dua kali adu penalti. Subasic pun tidak beruntung karena predikat Goal. 17 JULI 11 *) Masih bernama Golden Shoe *) Masih bernama Lev Yashin Award

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS MARTIN MEISSNER/AP ?? kiper terbaik menjadi milik Thibaut Courtois.
Subasic sejatinya mengunggul­i Courtois dari aspek gol kemasukan. Super Suba hanya kebobolan lima gol dari enam laga, sedangkan gawang Belgia dijebol lawan enam kali dalam tujuh laga bersama Courtois....
ANGGER BONDAN/JAWA POS MARTIN MEISSNER/AP kiper terbaik menjadi milik Thibaut Courtois. Subasic sejatinya mengunggul­i Courtois dari aspek gol kemasukan. Super Suba hanya kebobolan lima gol dari enam laga, sedangkan gawang Belgia dijebol lawan enam kali dalam tujuh laga bersama Courtois....
 ?? KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS ?? 2018 LUKA MODRIC (Kroasia)
2014 Lionel Messi (Argentina)
2010 Diego Forlan (Uruguay)
2006 Zinedine Zidane (Prancis) 2018 2014 2010 2006* Harry Kane (Inggris/6 gol) James Rodriguez (Kolombia/6 gol) Thomas Mueller (Jerman/5 gol) Miroslav Klose...
KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS 2018 LUKA MODRIC (Kroasia) 2014 Lionel Messi (Argentina) 2010 Diego Forlan (Uruguay) 2006 Zinedine Zidane (Prancis) 2018 2014 2010 2006* Harry Kane (Inggris/6 gol) James Rodriguez (Kolombia/6 gol) Thomas Mueller (Jerman/5 gol) Miroslav Klose...
 ??  ??
 ?? DYLAN MARTINEZ/REUTERS ?? KOMPLAIN: Pemain Prancis meminta wasit Nestor Pitana memberikan penalti atas handsball Ivan Perisic.
DYLAN MARTINEZ/REUTERS KOMPLAIN: Pemain Prancis meminta wasit Nestor Pitana memberikan penalti atas handsball Ivan Perisic.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia