Jawa Pos

Prancis Diguyur Setengah Triliun

-

PRANCIS mendapat guyuran hadiah GBP 29 juta (Rp 533,06 miliar) dari FIFA atas kesuksesan menjadi kampiun di Piala Dunia 2018. Jumlah tersebut bertambah sekitar Rp 30 miliar jika dibandingk­an dengan hadiah yang diterima Jerman empat tahun lalu di Brasil.

Kroasia yang tampil sebagai runner-up memperoleh GBP 21 juta (Rp 400,49 miliar). Disusul Belgia yang menerima GBP 18 juta (Rp 343,28 miliar) atas keberhasil­an mereka meraih posisi ketiga. Sementara itu, Inggris yang finis di posisi keempat setelah kalah 0-2 oleh Belgia (14/7) diganjar GBP 16,5 juta (Rp 314,75 miliar).

Empat negara yang kalah di perempat final, yaitu Brasil, Uruguay, Swedia, dan Rusia, masing-masing mendapatka­n GBP 12,5 juta (Rp 238,39 miliar). Lalu, delapan negara yang kalah di fase 16 besar mengantong­i hadiah uang masing-masing GBP 9 juta (Rp 171,64 miliar). Delapan negara itu adalah Argentina, Denmark, Jepang, Kolombia, Meksiko, Swiss, Portugal, dan Spanyol. Di sisi lain, tim yang hanya berpartisi­pasi di fase grup mendapat hadiah masing-masing GBP 6 juta (Rp 114,42 miliar).

Kepada Money, Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) Noel Le Graet mengatakan, pemain berhak mendapat jatah 30 persen dari total hadiah yang diterima. Artinya, setiap pemain akan digaransi bonus sekitar USD 330 ribu (Rp 4,7 miliar). ’’Bermain di Piala Dunia merupakan satu kesenangan. Inilah momen di mana mimpi menjadi kenyataan. Memang benar ada uang sebagai hadiah, tapi saya tak peduli. Sebab, saya bermain di Piala Dunia bukan untuk uang semata,” ujar Samuel Umtiti, bek Prancis.

 ?? KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS ?? DELEGASI CITY: Benjamin Mendy merayakan sukses Prancis menjadi juara dunia. Dia adalah satu-satunya wakil Manchester City di partai final Piala Dunia 2018.
KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS DELEGASI CITY: Benjamin Mendy merayakan sukses Prancis menjadi juara dunia. Dia adalah satu-satunya wakil Manchester City di partai final Piala Dunia 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia