Jawa Pos

Karena Ronaldo Bukan Maradona

-

JUVENTUS diyakini bakal kembali mendominas­i pentas domestik Italia.Ituseiring­kehadiranC­ristiano Ronaldo. Namun, prediksi tersebut dibantah Marek Hamsik. Kepada Corriere dello Sport, kapten Napoli itu tak yakin Juve semakin solid dengan kehadiran Ronaldo.

’’Satu pemain tak akan memenangi apa pun. Sekalipun dia adalah pemain terbaik di dunia. Eh, koreksi. Jika kamu bukan Maradona, kamu tak akan bisa memenangi apa pun dengan seorang diri,” kata Hamsik merujuk kehebatan Diego Maradona ketika membawa Napoli meraih dua trofi Serie A dan satu trofi Piala UEFA pada 1980-an.

Daniele De Rossi sepakat dengan Hamsik. Kaptes AS Roma itu menilai, Juve bisa dua kali lebih kuat dengan kedatangan Ronaldo. Namun, bukan berarti Juve bakal mendominas­i.

’’Membeli pemain terbaik dunia memang mengangkat pamor setiap tim. Namun, jangan lupa, setiap pemain baru pasti akan melakukan adaptasi dengan klub serta kompetisi yang dihadapiny­a,” tambah De Rossi sebagaiman­a dikutip Roma TV.

Di sisi lain, Kaka punya pandangan berbeda soal kedatangan Ronaldo. Menurut mantan bintang AC Milan itu, Ronaldo sudah mencapai titik jenuh di Spanyol. ’’Ronaldo mungkin berpikir bahwa dirinya sudah mencapai semua gelar dengan Real Madrid. Dan kini saatnya untuk menjajal sesuatu yang berbeda agar terus termotivas­i,” ucap Kaka yang pernah menjadi kolega Ronaldo di Real Madrid.

Kaka menambahka­n, dalam sembilan musim Ronaldo di Real, tak ada satu gelar pun yang luput darinya. Baik gelar individu maupun tim.

 ?? CIRO DE LUCA/REUTERS ?? CALON RIVAL: Marek Hamsik (kiri) dan Jose Callejon saat berlatih di Dimaro, Italia, Kamis lalu (12/7).
CIRO DE LUCA/REUTERS CALON RIVAL: Marek Hamsik (kiri) dan Jose Callejon saat berlatih di Dimaro, Italia, Kamis lalu (12/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia