Jawa Pos

Djokovic Sudah di Top Ten

Serena Naik 153 Tingkat

-

LONDON – Bukan kejutan jika Novak Djokovic mampu meraih gelar juara di Wimbledon. Tapi, melihat setahun ke belakang, prestasi Nole –sapaannya– mengundang decak kagum. Dia cepat bangkit dari keterpuruk­an.

Gelar keempat dari grand slam Wimbledon Minggu lalu (15/7) membuat posisi Nole di peringkat ATP (Asosiasi Tenis Putra) melonjak. Petenis Serbia itu juga kembali masuk hitungan sebagai kandidat juara rentetan grand slam selanjutny­a. Termasuk Amerika Serikat (AS) Terbuka yang dimulai 27 Agustus mendatang.

Setelah terpuruk lantaran cedera siku kanan setahun terakhir, gelar Wimbledon keempat yang direngkuh kemarin membuat Djokovic kini menduduki ranking sepuluh dunia. Ini menjadi kali pertama dia come back ke jajaran petenis top ten sejak sembilan bulan lalu, tepatnya 30 Oktober 2017.

Padahal, Nole datang ke Wimbledon dengan predikat peringkat ke-22. Itu juga yang membuat Djokovic kemarin menahbiska­n diri sebagai petenis dengan ranking terendah yang mampu menjadi kampiun Wimbledon dalam 17 tahun terakhir. Tepatnya sejak petenis Kroasia Goran Ivanisevic menjadi kampiun pada 2001. Saat itu Ivanisevic menjadi juara dengan status ranking ke-125 dunia.

’’Sebelumnya, saya tidak berharap mampu kembali ke puncak di Wimbledon,’’ ucap Djokovic sebagaiman­a dilansir situs resmi ATP. ’’Setelah Roland Garros (Prancis Terbuka), saya masih ragu. Namun, di sisi lain, saya masih memiliki keyakinan mampu kembali bertanding di level tertinggi,’’ tambah pemilik 13 titel grand slam tersebut.

Koleksi 13 titel mayor membuat Djokovic kini berada di posisi keempat pengumpul gelar grand slam tunggal putra sepanjang masa. Dia masih berada di belakang Roger Federer (20), Rafael

Nadal (17), dan Pete Sampras (14).

Dari sektor tunggal putri, lolosnya Serena Williams ke partai puncak juga mengerek peringkatn­ya secara signifikan. Serena datang ke Wimbledon dengan predikat ranking ke-181 dunia setelah come back dari cuti hamil dan melahirkan selama 13 bulan pada Februari.

Kemarin, dalam rilis resmi ranking

WTA terbaru, peringkat Serena terkerek 153 posisi. Kini dia menembus ranking

ke-28 dunia. ’’Saya telah mengambil langkah penting di Wimbledon ini. Saya ingin pastikan perjalanan ini baru dimulai kembali,’’ jelas petenis yang telah mengumpulk­an 23 titel grand slam tersebut sebagaiman­a dilansir situs resmi WTA.

Di sisi lain, gelar Wimbledon yang direngkuh Angelique Kerber setelah menaklukka­n Serena di final membuat ranking

nya terkerek enam peringkat. Kini dia mendudukir­anking keempat WTA. Tepat di bawah Simona Halep, Caroline Wozniacki, dan Sloane Stephens.

Kevin Anderson yang dikalahkan Djokovic di final juga mendapat ganjaran atas prestasiny­a menembus final grand slam untuk kali kedua sepanjang karir di Wimbledon. Petenis Afrika Selatan itu kini menduduki peringkat kelima dunia. Itu ranking terbaiknya sejak terjun di tenis pro selama sebelas tahun. Tepatnya sejak 2007.

 ??  ?? LOMPATAN BESAR: Novak Djokovic (kanan) dan Angelique Kerber dengan trofi Wimbledon masing-masing.
LOMPATAN BESAR: Novak Djokovic (kanan) dan Angelique Kerber dengan trofi Wimbledon masing-masing.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia