Jawa Pos

Pemuda Tak Punya SIM Tewas

Melawan Truk, Motor Hancur

-

GRESIK – Ngebut berisiko maut. Pengendara motor bernama Anang Ma’ruf tewas setelah motornya bertabraka­n dengan truk di Jalan Raya Desa Masangan, Kecamatan Bungah. Tabrakan frontal. Pemuda 19 tahun asal Dukun itu terlempar. Motornya nyaris hancur.

Kecelakaan terjadi Minggu malam (15/7). Anang mengendara­i Honda Vario bernopol W 3951 JE. Sendirian.Menurutket­erangansak­si ditempatke­jadian,diamelajuk­encang sekali. Kecepatan tinggi. Dari arah Bungah menuju ke Dukun.

Sampailah di Desa Masangan. Laju motor matik remaja tersebut tidak terkontrol. Setir motor tibatiba oleng ke kanan. Anang menerabas markah utuh tunggal. Artinya, melanggar larangan melebihi garis lurus di tengah jalan.

Nahas tiba. Sebuah truk diesel melaju dari arah berlawanan. Dukun ke Bungah. Truk S 9483 JD itu sempat melambat. Sopirnya, Fadhol, menekan klakson berkalikal­i. Namun, Anang tidak minggir juga. ’’Akhirnya, saya yang mengalah,’’ aku Fadhol.

Lelaki warga Dukun tersebut mencoba menghindar. Namun, jarak kendaraan sudah sangat dekat. Benturan keras tidak terhindark­an. Fadhol menghentik­an laju truknya. Seketika. Turun melihat kondisi korban. Motor Anang remuk. Bodinya berantakan.

Tubuh bungsu di antara tiga bersaudara itu terlempar ke tengah jalan aspal. Sebenarnya, dia sudah mengenakan helm. Namun, kepalanya masih terluka. Parah sekali. Perdarahan hebat. ’’Meninggal di tempat,’’ ujar Kanitlaka Satlantas Polres Gresik Ipda Yossy Eka Prasetya kemarin (16/7).

Menurut Ipda Yossy, hasil olah TKP menunjukka­n pengendara roda dua melaju keluar markah jalan. Itu berbahaya. Apalagi sampai berada di jalur berlawanan.

Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Wikha Ardilestan­to menyebutka­n, kecelakaan terjadi karena pengendara roda dua mengebut. Tidak mampumengu­asaikendar­aannya. ’Korbanbelu­mpunyaSIM(suratizin mengemudi, Red),’’ ungkapnya.

AKP Wikha mengingatk­an lagi para orang tua agar tidak sembaranga­n mengizinka­n anak yang belum punya SIM berkendara di jalan. Pakai motor atau mobil sama bahayanya. ’’Yang jadi taruhan nyawa. Jangan disepeleka­n!’’ tegas alumnus Akpol 2007 tersebut.

 ?? SATLANTAS FOR JAWA POS ?? TKP: Anggota Satlantas Polres Gresik memeriksa lokasi kecelakaan yang menewaskan pengendara motor di kawasan Bungah.
SATLANTAS FOR JAWA POS TKP: Anggota Satlantas Polres Gresik memeriksa lokasi kecelakaan yang menewaskan pengendara motor di kawasan Bungah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia