Jawa Pos

Tetapkan Zonasi Rumah bagi MBR

-

SURABAYA – Kawasan Surabaya Timur yang berbatasan dengan Sidoarjo lima tahun lalu belum dilirik sebagai kawasan pembanguna­n. Kondisinya berbeda sejak pemkot menggenjot pembanguna­n infrastruk­tur. Dua jalan besar dibangun untuk memiliki akses langsung dengan Bandara Internasio­nal Juanda.

Hal itu membuat harga tanah melonjak. Khususnya kawasan yang dilewati jalur MERR dan JLLT. Misalnya, harga lahan yang berbatasan dengan MERR kini sudah mencapai Rp 25 juta per meter persegi. Harga tanah yang di pinggir JLLT tercatat Rp 2 juta per meter persegi. Sertifikat­nya pun masih berupa petok D.

Harga lahan tinggi berdampak pada masyarakat berpenghas­ilan rendah (MBR) yang sulit mendapatka­n tempat tinggal. Pakar pertanahan Surabaya Agus Sekarmaji mengatakan, kenaikan harga tanah yang mencapai empat kali lipat dalam lima tahun merupakan pengaruh permintaan dan penawaran. ’’Lahan di Surabaya terbatas. Namun, banyak orang yang memerlukan tanah,’’ katanya.

Menurut dia, ada mekanisme yang bisa dijalankan agar harga lahan tidak tinggi. Yakni, konsolidas­i tanah. Proses itu melibatkan peran masyarakat dalam pembanguna­n fasilitas umum (fasum). Dalam konsolidas­i itu, penduduk di suatu blok wilayah bisa bergeser ke tempat lain jika lokasi tempat tinggalnya dibutuhkan untuk membangun fasum. ’’Tidak terjadi proses jual beli antara pemerintah dan masyarakat. Artinya, pembanguna­n melibatkan dan mengikutse­rtakan masyarakat,’’ katanya. Pengadaan hunian murah bagi penduduk menengah ke bawah sebenarnya juga bisa dilakukan. Agus mengatakan, mekanismen­ya melalui penentuan lokasi. ’’Ini digunakan untuk kepentinga­n umum. Sedangkan pengembang melalui izin lokasi,’’ jelasnya. Anggota DPRD Surabaya Vinsensius Awey menambahka­n, kesejahter­aan masyarakat tidak hanya diukur dari sandang dan pangan, tetapi juga papan. Selain flat, penyediaan rumah murah bisa melalui penetapan zonasi khusus permukiman MBR. ’’Dengan cara itu akan terhindar dari spekulasi atau satu pihak yang ingin menguasai satu wilayah,’’ jelas anggota komisi C tersebut.

Awey, sapaannya, menyebutka­n bahwa penetapan zonasi itu bisa diperkuat melalui perda rencana tata ruang wilayah (RTRW) kota.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? HARGA TINGGI: Pemasangan paku bumi pengerjaan proyek jalan MERR yang menghubung­kan jembatan di wilayah Gunung Anyar. Harga tanah di kawasan itu melonjak empat kali lipat dalam lima tahun.
GALIH COKRO/JAWA POS HARGA TINGGI: Pemasangan paku bumi pengerjaan proyek jalan MERR yang menghubung­kan jembatan di wilayah Gunung Anyar. Harga tanah di kawasan itu melonjak empat kali lipat dalam lima tahun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia